Strategies and Innovations to Improve the Media Monitoring Process at Weber Shandwick Indonesia
SYAHNAZ WIDYASTUTI I, -
2020 | Skripsi | S1 MANAJEMENWeber Shandwick (WS) adalah unit dari Interpublic Group yang berspesialisasi dalam periklanan konsumen, pemasaran digital, perencanaan komunikasi, hubungan masyarakat, dan pemasaran khusus, yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini menyediakan layanan hubungan masyarakat dan pemasaran digital termasuk solusi ujung ke ujung digital dan media sosial untuk klien mereka. WS terdiri dari lebih dari 30+ konsultan penuh waktu dengan beragam latar belakang, termasuk hukum, periklanan, ilmu komputer, bankir, jurnalis hingga insinyur mesin. Karena misi utama magang di WS adalah memberikan data / informasi yang diperlukan kepada tim akun, saya memiliki tiga tanggung jawab sehari-hari; pemantauan media, tindak lanjut media, dan melakukan penelitian desktop. Selain itu, saya juga bertanggung jawab untuk membantu pelaksanaan acara klien di mana tim saya terlibat. Sangat penting bagi WS Indonesia sebagai agen PR untuk tetap up-to-date dengan industri klien untuk lebih memahami opini publik atau sikap yang dapat berdampak pada bisnis mereka. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah melalui pemantauan media, yang merupakan tanggung jawab saya sebagai pekerja magang. Selain itu, pemantauan media juga penting bagi WS sendiri untuk menilai kinerja perusahaan. Selama magang, saya menyadari bahwa beberapa aspek dari proses pemantauan media di WS masih dapat ditingkatkan di masa depan agar lebih efisien dan maksimal. Strategi dan inovasi yang dapat diterapkan oleh WS untuk meningkatkan proses pemantauan media adalah; memperbaiki dan menambah lebih banyak fasilitas, membentuk tim pemantauan media, termasuk pekerja magang dalam pertemuan tim akun, melakukan pemantauan media sosial, dan mempertimbangkan alat pemantauan media. Kesimpulannya, bekerja di perusahaan PR adalah pengalaman profesional yang sangat berharga bagi saya. Saya sering menerima banyak tugas dengan tenggat waktu pendek. Sebagai hasilnya, saya sekarang dapat bekerja di bawah tekanan lebih baik dan meningkatkan keterampilan manajemen waktu saya untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Karena saya bertanggung jawab untuk menangani klien di berbagai industri, saya memahami berbagai perkembangan dan pengetahuan dunia nyata di setiap industri yang sebelumnya tidak saya mengerti. Salah satu hal paling penting yang saya pelajari selama magang di WS adalah wawasan langsung tentang bagaimana PR dapat membantu bisnis tumbuh dan bagaimana pemasaran dan hubungan masyarakat bisa sangat kuat jika disatukan.
Weber Shandwick (WS) is a unit of the Interpublic Group that specializes in consumer advertising, digital marketing, communications planning, public relations, and specialty marketing, which is headquartered in New York, the United States. The company provides seamless public relations and digital marketing services including end to end digital and social media solutions to their clients. WS consists of over 30+ full-time consultants with diverse backgrounds, including law, advertising, computer science, bankers, journalists to mechanical engineers. As the main mission of the interns is to provide necessary data/information to the account teams, I had three day-to-day responsibilities; media monitoring, media follow-up, and conducting desktop research. Other than that, I was also responsible to help with clients' event execution where my teams are involved. It is crucial for WS Indonesia as a PR agency to stay up-to-date to clients' industries in order to better understand the public's opinion or attitudes that could have an impact on their business. One of the ways to achieve this is through media monitoring, which was my responsibility as an intern. Furthermore, media monitoring is also important for WS itself to assess the firms' performance. During my internship, I realized that some aspects of the media monitoring process at WS can still be improvised in the future to be more efficient and maximal. The strategies and innovations that can be implemented by WS to improve the media monitoring process are; repairing and adding more facilities, forming a media monitoring team, including interns in the account team meetings, conducting social media monitoring, and considering media monitoring tools. In conclusion, working in a PR firm is an invaluable professional experience for me. I often received a lot of tasks with short deadlines. As a result, I am now able to work under pressure better and improve my time management skills in order to finish the tasks on time. Since I am responsible to handle clients in different industries, I understand the various developments and real-world knowledge in each industry that I previously did not understand. One of the most important things I learned during an internship at WS is the firsthand insights into how PR can help a business grow and how marketing and public relations can be very strong if put together.
Kata Kunci : report, public relations, marketing