Laporkan Masalah

Pengelolaan Cuti di KJ Hotel Yogyakarta

ANGELA KATRINA P S, Dr. Nuryuda Irdana, S.P.,M.M.

2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Unsur kenyamanan dibutuhkan oleh karyawan dalam bekerja agar dapat memberikan pelayanan yang baik. Untuk memberikan kenyamanan, hotel memberikan fasilitas cuti bagi karyawan. Cuti dapat digunakan karyawan apabila membutuhkan waktu kerja untuk keperluan lain. Fasilitas yang diberikan kepada karyawan ini melalui proses pengelolaan dari pembagian waktu setiap jenis cuti, pembagian karyawan yang dapat mengambil cuti, proses pengajuan, memasukkan data, dan pemantauan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis cuti, pengelolaan cuti, dan cara mengatasi permasalahan dalam pengelolaan cuti di KJ Hotel Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi partisipan dan wawancara tidak terstruktur, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi serta buku dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian mengungkapkan jenis-jenis cuti di KJ Hotel Yogyakarta, proses pengelolaan cuti di KJ Hotel Yogyakarta, dan cara mengatasi permasalahan dalam pengelolaan cuti.

The element of comfort is needed by the employees when they are working so it can provide good service. To provide a comfort, the hotel provides a leave facilities for employees. The employees leave can used the work time for other purposes. The leave facility provided to employees is through the process of managing the division of time for each type of leave, the division of employees who can take leave, the submission process, entering data and monitoring. This study aims to determine the types of leave, leave management, and how to overcome problems in the management of leave at KJ Hotel Yogyakarta. The research method is a qualitative research with the participant observation data collection techniques, unstructured interviews, and documentation. The type of data used are a primary data and secondary data. Primary data were obtained from participant observation and unstructured interviews, while secondary data were obtained from documentation and books and previous research. The results of the study revealed the types of leave at KJ Hotel Yogyakarta, the process of managing an employees leave at KJ Hotel Yogyakarta, and how to overcome problems in the management of leave.

Kata Kunci : unsur kenyamanan, cuti, pengelolaan cuti, cara mengatasi kendala

  1. D3-2020-410892-abstract.pdf  
  2. D3-2020-410892-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-410892-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-410892-title.pdf