Laporkan Masalah

Pengaruh Tata Lingkungan Layanan Daring dan Kepercayaan pada Niat Pembelian di Website Bukalapak

Muhamad Andi Kurniawan, Bayu Sutikno, S.E., Cand.Merc., Ph.D.

2020 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tata lingkungan layanan daring pada niat pembelian yang dimediasi oleh kepercayaan terhadap website. Tata lingkungan layanan daring terdiri dari tiga dimensi, yaitu daya tarik estetika, tata letak dan fungsi, dan keamanan finansial. Obyek penelitian ini adalah website Bukalapak. Sedangkan responden dari penelitian ini adalah individu yang pernah mengunjungi website Bukalapak dan belum pernah melakukan pembelian, berusia 16 - 50 tahun, dan berdomisili di Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah non-probability dengan tipe purposive samping. Jumlah responden yang dapat dikumpulkan dan dapat diolah sebanyak 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik estetika dan keamanan finansial berpengaruh positif pada kepercayaan terhadap website, sedangkan tata letak dan fungsi tidak. Selain itu kepercayaan terhadap website berpengaruh positif pada niat pembelian.

This study aims to examine and analyze the influence of online servicescape on purchase intentions mediated by trust in the website. The online servicescape consists of three dimensions, namely aesthetic appeal, layout and functionality, and financial security. The object of this research is Bukalapak website. While respondents from this study were individuals who had visited the Bukalapak website and had never made a purchase, were 16-50 years old, and were domiciled in Indonesia. The data collection method used is non-probability with a purposive type aside. The number of respondents that can be collected and can be processed is 150 respondents. Data analysis methods used are multiple linear regression and simple linear regression tests. The results of this study indicate that the aesthetic appeal and financial security have a positive effect on trust in the website, while the layout and functionality do not. In addition, trust in the website has a positive effect on purchase intentions.

Kata Kunci : tata lingkungan layanan daring, daya tarik estetika, tata letak dan fungsi, keamanan finansial, kepercayaan terhadap website, niat pembelian

  1. S1-2020-377379-abstract.pdf  
  2. S1-2020-377379-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-377379-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-377379-title.pdf