Laporkan Masalah

Perbedaan sifat peran jenis, jenis kelamin dan tingkat pendidikan dalam mempersepsi ideologi jender

NOFRIZA, Fatma, Dr. Endang Ekowarni

2002 | Tesis | S2 Psikologi

Issu tentang jender sudah sejak lama dibicarakan, namun pennasalahannya sampai saat sekarang belum dapat diatasi. Dari sekian banyak masalah jender yang dibicarakan masalah ideologi jender merupakan masalah yang banyak mendapat perhatian banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya perbedaan antara sifat peran jenis, jenis kelamin, tingkat pendidikan dalam mempersepsi ideologi jender. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Terdapat perbedaan antara sifat peran jenis dalam mempersepsi ideologi jender. (2) Terdapat perbedaan antara pria dan wanita dalam mempersepsi ideologi jender. (3) Terdapat perbedaan antara tingkat pendidikan tinggi dan tingkat pendidikan rendah dalam mempersepsi ideologi jender. Subjek penelitian berjumlah 100 orang. Terdiri dari 50 orang wanita dan 50 orang pria. Penelitian dilakukan di Jakarta. Subjek penelitian adalah wanitalpria yang sudah bekerja dan punya jenjang karir. Subjek sudah menikah dan sudah punya anak. Umur subjek antara 25 tahun sampai 40 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Untuk angket persepsi ideologi jender mengacu pada alat ukur AWS (Attitude Women Scale) dan untuk angket peran jenis mengacu pada alat ukur BSRI ( Bem Sex - Role Inventori) Analisis data penelitian digunakan kai kuadrad. Hipotesis pertama diterima. Subjek yang memiliki sifat peran jenis androgini memiliki nilai yang tertinggi pada persepsi ideologi jender yang moderat dan subjek yang memiliki sifat peran jenis tak tergolongkan memiliki nilai tertinggi pada persepsi ideologi jender tradisional. Hipotesis kedua diterima. Laki-laki memiliki skor yang besar pada persepsi ideologi jender tradisional dan wanita memiliki skor yang besar pada persepsi ideologi jender moderat. Hipotesis ketiga ditolak, baik pada tingkat SLTA maupun Perguruan Tinggi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap persepsi ideologi jender

Issues on gender have long been a subject for discussion, but up till now none of them have been resolved. One of the issues that has received much attention is the gender ideology. This research aims to investigate the different of sex role, sex, and educational levels in perception of the gender ideology. The proposed hypothesis are : (1) There is a different between character sex role in perceptions of the gender ideology ; (2) There is a different man and women in perceptions of the gender ideology; (3) There is a different between in educational levels high and educational levels low in perceptions of the gender ideology. The research was conducted in Jakarta and involved 100 subjects consisting of 50 women and 50 men in the age range 25-40. All the research subjects are working individuals with various career levels. They are all married with children. Data were collected by using questionnaires. The questionnaire on perceptions of the gender ideology refers to a measuring instrument AWS (Attitude Women Scale) and the questionnaire on sex role refers to BSRI (Bem sex role inventory). For data analysis a Kai Quadrate is used The first hypothesis is accepted. Subject with androgyny character have the highest score on moderate perception of the gender ideology, and subjects with undifferentiated have the highest score on traditional perception of the gender ideology. The second hypothesis is accepted. Men have high sore on traditional perception of the gender ideology whereas women have high score on moderate perception of the gender ideology. The third hypothesis is rejected. There are no significant differences in perception of the gender ideology between those with upper secondary school education

Kata Kunci : Persepsi,Ideologi Gender


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.