PENGARUH REFLECTIVE JOURNALING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA PSIK FK-KMK UGM
FRANSISKA WULANDARI, Kurnia Putri Yuliandari, S.Kep., Ns., M.Sc.;Totok Harjanto, S.Kep., Ns., M.Kes.
2020 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATANLatar Belakang: Sistem pendidikan perguruan tinggi mengalami perubahan dari yang semula berpusat pada dosen menjadi berpusat pada mahasiswa. Mahasiswa tahun pertama mengalami transisi jenjang pendidikan, perbedaan proses pembelajaran, serta perubahan lingkungan yang berpotensi mengalami motivasi belajar rendah. Reflective journaling merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan motivasi belajar mahasiswa. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh reflective journaling dengan panduan Gibbs disertai feedback terhadap motivasi belajar mahasiswa tahun pertama. Metode: Penelitian ini merupakan randomized controlled trials (RCT) yang dilaksanakan pada September-November 2019 terhadap mahasiswa tahun pertama Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Responden terdiri dari 2 kelompok yaitu 51 mahasiswa yang melakukan reflective journaling dengan panduan Gibbs disertai feedback oleh fasilitator dan 51 mahasiswa yang melakukan reflective journaling dengan metode bebas tanpa feedback. Pengambilan data dilakukan 2 kali yaitu sebelum (pretest) dan setelah (posttetst) reflective journaling selama 6 minggu. Pengambilan data menggunakan kuesioner MSLQ yang terdiri dari 31 pernyataan valid dan nilai cronbach's alpha dengan estimasi reliabilitas adalah 0,918. Hasil: Beda selisih skor motivasi belajar pretest-posttest kelompok intervensi sebesar 0,804±13,031 (p=0,661) dan kelompok kontrol sebesar -3,84±14,577 (p=0,066). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara selisih skor motivasi belajar antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol (p=0,093). Kesimpulan: Reflective journaling dengan panduan Gibbs dan feedback menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tahun pertama.
Background: Higher education system has changed from one that is teacher centered learning to one that is student centered learning. First-year students experience educational transition, difference of learning process, and surrounding environment change which are potential to decrease learning motivation. Reflective journaling is one of the methods that can be used to develop students' learning motivation. Objectives: To find out the effect of reflective journaling using Gibbs model with feedback on learning motivation of the first-year students. Method: This research was a randomized controlled trial (RCT) conducted in September-November 2019 towards the first-year students at Nursing Study Program, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing, Universitas Gadjah Mada. The respondents consisted of two groups which were 51 students doing reflective journaling using Gibbs model with feedback from facilitator and 51 students doing reflective journaling using free model without feedback. The data collection was carried out two times namely before reflective journaling (pretest) and after reflective journaling (posttest) for six weeks. The data were collected by using MSLQ that consisted of 31 valid questions and Cronbach's Alpha value with estimated reliability of 0.918. Results: The difference of learning motivation score between pretest and posttest was 0.804±13.031 (p=0.661) in intervention group and -3.843±14.577 (p=0.066) in control group. There was no significant difference of learning motivation score between intervention group and control group (p=0.093). Conclusion: Reflective journaling using Gibbs model with feedback showed no significant effect on learning motivation of the first-year students.
Kata Kunci : reflective journaling, panduan Gibbs, feedback, motivasi belajar, mahasiswa tahun pertama