Laporkan Masalah

PROSES PEMBUATAN VIDEO PROMOSI DI BUKIT SIDOGURO SEBAGAI OBJEK WISATA BARU DI KABUPATEN KLATEN

RIZMA JODY FESTIAWAN, ANDRI HANDAYANI S.S., M.A.

2020 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas proses pembuatan video promosi di obyek wisata Bukit Sidoguro yang terletak di Bayat, Klaten. Dalam pembuatan video ini, penulis terlebih dahulu melakukan beberapa survei atau pengamatan terhadap destinasi wisata tersebut. Proses pembuatan video dilakukan oleh penulis sebagai salah satu peserta magang di DISPARBUDPORA selaku pihak yang bertanggungjawab mengelola pembangunan serta finansial di obyek wisata Bukit Sidoguro. Penulis juga melakukan pencarian sumber terkait dalam bentuk tulisan yang berjudul Video Production Techniques: Theory and Practices from Concept to Screen oleh Donald L. Diefenbach untuk menyelesaikan tugas akhir ini. Penulis juga melalui tahapan-tahapan yang wajib dilakukan untuk memproduksi sebuah video terlebih video promosi. Tahapan-tahapan tersebut antara lain: pertama adalah pra-produksi yang berisi tentang persiapan-persiapan sebelum membuat video yaitu tentang pembuatan latar cerita, pembentukan tim kreatif dan melakukan survey lokasi. Kedua adalah tahap produksi, yaitu tahap pengambilan gambar atau video melalui penerapan perencanaan yang dilakukan sebelumnya di tahap pra-produksi, Ketiga adalah tahap pasca-produksi atau tahapan terakhir yang harus dilalui penulis untuk menyelesaikan pembuatan video promosi. Tahapan ini berupa pemilihan dan penggabungan video yang telah direkam di tahapan produksi menjadi satu kesatuan utuh sebagai sebuah cerita, tahapan ini juga meliputi bagian pemrosesan warna. Setelah itu video akan di unggah ke akun sosial media Instagram milik DISPARBUDPORA Klaten. Setelah proses produksi dalam pembuatan video dilakukan, penulis memberi saran kepada tim kreatif DISPARBUDPORA untuk lebih meningkatkan lagi promosi tentang Bukit Sidoguro melalui media yang dimiliki agar lebih terkenal lagi. Dengan adanya promosi yang baik diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung tempat wisata di Bukit Sidoguro.

This final paper aims to provide information about the profile of the DISPARBUDPORA Klaten and the tourism site of Bukit Sidoguro and to discuss the process of making a promotional video of Bukit Sidoguro. In the process of making this video, the writer first conducted several surveys. The process of making videos is done by the writer as one the internship participant in DISPARBUDPORA Klaten as the first party that is responsible for managing the development and finance in Bukit Sidoguro. The writer also searches for related sources in the form of textbook titled Video Production Techniques: Theory and Practices from Concept to Screen written by Donald L. Diefenbach to complete this final paper. The writer also does some stages that must be done to produce a video, especially a promotional video. These stages include: first is pre-production, which contains the preparation before making video such as forming a team, preparing the equipment, creating the storyline, and conducting a location survey. Second is the production stage in which taking pictures and videos is occurring before carried out to the next stage. The third is the post-production, in which video sorting, editing, and post-processing occur. The editing process is including video assembly and color reproduction. After that, the video will be uploaded to DISPARBUDPORA's Instagram social media account. After completing the production process, the writer advised the DISPARBUDPORA creative team to further enhances the promotion of Bukit Sidoguro through the available media to make the tourism site more famous. With a good promotion, it is hoped that it can help increase the number of visitors to Bukit Sidoguro tourist attraction.

Kata Kunci : Video Promosi, Video, Bukit Sidoguro

  1. D3-2020-400861-abstract.pdf  
  2. D3-2020-400861-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-400861-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-400861-title.pdf