Laporkan Masalah

PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN TERHADAP PARTISIPASI SISWA SMA KABUPATEN KARANGANYAR DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN

ARIFIA MAWARDANI, Dr. Sri Rum Giyarsih, M.Si.; Dr. Sudrajat, M.P.

2020 | Tesis | MAGISTER ILMU LINGKUNGAN

Manusia dan lingkungan merupakan dua aspek yang senantiasa saling memengaruhi satu sama lain. Sebagai makhluk yang memiliki pengaruh paling besar terhadap perubahan lingkungan, manusia harus bekerja sama untuk berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan. Pengetahuan dan pendidikan lingkungan yang dimiliki seseorang diharapkan dapat memengaruhi seseorang hingga mendorong mereka melakukan partisipasi dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pengetahuan lingkungan, (2) menganalisis pendidikan lingkungan, (3) menganalisis partisipasi pengelolaan lingkungan, dan (4) menganalisis pengaruh pengetahuan dan pendidikan lingkungan partisipasi pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh siswa SMA di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Karanganyar dengan menggunakan metode kuantitatif dan siswa kelas XI IPA sebagai populasinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen tes, angket dan dokumentasi peneliti. Teknik analisis pada tujuan pertama hingga ketiga dilakukan secara deskriptif sedangkan pada tujuan keempat dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 0,1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat pengetahuan lingkungan pada siswa SMA didominasi oleh siswa dengan tingkat pengetahuan kategori tinggi dengan presentase 89%, (2) tingkat pendidikan lingkungan pada siswa didominasi oleh siswa dengan kategori sedang dengan presentase 52%, (3) tingkat partisipasi pengelolaan lingkungan yang dilakuka siswa SMA didominasi oleh siswa dengan tingkat partisipasi kategori sedang dengan presentase 62% dan tahap partisipasi yang cenderung dilakukan adalah tahap pelaksanaan dan tahap pemanfaatan, serta (4) secara simultan variabel pengetahuan lingkungan dan pendidikan lingkungan memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap partisipasi pengelolaan lingkungan namun secara parsial yang berpengaruh hanya variabel pendidikan lingkungan.

Humans and the environment are two aspects that always influence one another. As creatures that have the most influence on environmental change, humans must work together to participate in environmental management. Knowledge and environmental education owned by someone are expected to influence someone to encourage them to participate in environmental management. The objectives of this study are (1) to analyze environmental knowledge level, (2) to analyze environmental education level, (3) to analyze environmental management participation level, and (4) to analyze the influence of environmental knowledge and education on environmental management participation carried out by senior high school students in Karanganyar Regency. This research was conducted at SMAN 1 Karanganyar using quantitative methods and students of class XI IPA as the population. Data collection techniques used were to use test instruments, questionnaires and researcher documentation. The analysis technique on the first to the third objective was done descriptively while the fourth objective was carried out using a multiple linier regression test. The results of this study indicate that (1) the level of environmental knowledge in high school students is dominated by students with a high level of knowledge category with a percentage of 89%, (2) the level of environmental education in students is dominated by students in the medium category with a percentage of 52%, (3) the level environmental management participation done by high school students is dominated by students with a moderate level of participation with a percentage of 62% and the participation phase that tends to be done is the implementation phase and the utilization phase, and (4) Simultaneously the variables of Environmental knowledge and Environmental education have a very low participation in the participation of Environmental Management but partially only involving the variable of Environmental education.

Kata Kunci : pengetahuan lingkungan, pendidikan lingkungan, partisipasi pengelolaan lingkungan/ environmental knowledge, environmental education, participation in environmental management

  1. s2-2020-422563-abstract.pdf  
  2. s2-2020-422563-bibliography.pdf  
  3. s2-2020-422563-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2020-422563-title.pdf