Analisis sikap dan minat konsumen terhadap produk PT Centranusa Insancemerlang (CNI)
YANNI, Desvita, Drs. John Suprihanto, MIM
2001 | Tesis | Magister ManajemenPT Centaranusa Insancemerlang (CNI) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Multi Level Marketing (MLM). Kekuatan system MILM ini terletak pada konsumen artinya mati hidupnya perusahaan ditentukan oleh konsumen. Maka sangat diperlukan bagi perusahaan untuk memahami atau memprediksi perilaku konsumennya. Perusahaan dapat memprediksi perilaku konsumen melalui minat.. Menurut Theory Reasoned Action yang telah dikembangkan oleh Bentler Dan Speckart (Generalisasi Reasoned Action) bahwa minat berprilaku sangat tergantung pada perilaku lampau konsumen (behavior 1), sikap konsumen (attitude) dan norma subyektif yang dianut Di dalam penelitian ini, pengambilan sampel berdasarkan non probability sampling yaitu purposive sampling dan convinience sampling. Respondennya adalah konsumen yang merupakan distributor CM dan konsumen yang bukan sebagai distributor CM. Hasil dan penelitian ini adalah perilaku lampau konsumen terhadap produk CM adalah positif dan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap minat,. Sikap terhadap penggunaan produk CM adalah positif artinya bahwa konsumen menerima suatu produk. Norma subyektif konsumen terhadap penggunaan produk adalah positif artinya responder mau menerima pengaruh referen. Atribut produk yang diperhatikan oleh konsumen atau yang berpengaruh adalah kualitas produk dan sifat produk yang ramah terhadap lingkungan. Referen yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan produk CNI adalah distributor dan orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perilaku lampau, sikap Dan norrna subyektif mempunyai hubungan yang erat dan signifikan dengan minat.
PT Centranusa Insancemerlang (CM )is a company in Multi Level Marketing (MLM) industry. The key of success in this MLM system depends on the consumers. It means that the life and the death of the company is determined by consumers. It urge the company to know and predict their consumers' behavior. The company can predict consumers' behavior through their attention. According to Reasoned Action Theory developed by Bentler and Speckart, consumers' attention depend on behavior 1, attitude and subjective norms. In this study, the sample is collected using non-probability sampling, that are purposive sampling and convenience sampling. The respondents consist of consumers who become distributor of CM and who don't. The results of the study show that consumers' behavior 1 is positive to CM product and has strong influence to consumers' attention. Consumers' attitude to CM product is positive. It means that consumers' accept the product. A consumer subjective norm is positive against product-using that the consumer accept the influence of referents. Product attribute concerned by the consumer to use CM product are product quality and green product. Referents that influence respondents are distributor and parents. The conclusion of this study show is that behavior 1 , attitude and subjective norms of consumers have significant impact toward the attention of using CM product.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Sikap dan Minat Konsumen