WACANA PENJUALAN KOSMETIK DALAM POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @elsbeauty7
STEVANI ANGGYASTI M, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A.
2020 | Skripsi | S1 BAHASA DAN SASTRA INDONESIAWacana adalah satuan bahasa yang lengkap yang merupakan satuan gramatikal tertinggi dan terbesar. Dalam kalimat promosi online shop Elsbeauty7 terdapat berbagai tindak tutur yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen terutama para wanita pengguna kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur wacana yang berada dalam kalimat promosi online shop Elsbeauty7, tindak tutur, dan penggunaan campur kode pada kalimat promosi online shop Elsbeauty7. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat struktur wacana, bentuk dan jenis tindak tutur serta pemanfaatannya, dan penggunaan campur kode. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa struktur wacana, tindak tutur, dan penggunaan bahasa dapat digunakan oleh penulis untuk menarik perhatian pembaca supaya tertarik membeli produk yang ditawarkannya.
Discourse is a complete language unit which is the highest and largest grammatical unit. In the Elsbeauty7 online shop promotion sentence there are various speech acts that are used to attract the attention of consumers, especially women who use cosmetics. This study aims to describe the structure of the discourse within the Elsbeauty7 online shop promotion sentence, speech acts, and the use of mixed codes in Elsbeauty7 online shop promotion sentences. The method used in this research is descriptive method. Based on the results of the study, there are discourse structures, forms and types of speech acts and their use, and the use of mixed codes. Thus, it can be concluded that the structure of discourse, speech acts, and language use can be used by writers to attract the attention of readers so they are interested in buying the products they offer.
Kata Kunci : Kata kunci: pragmatik, wacana, bahasa promosi / Keywords: pragmatics, discourse, promotion language