Laporkan Masalah

Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri (Self Directed Learning Readiness) dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

QUSHAYVI HARIENDA A, drg. Yuni Pamardiningsih, M. Kes. dan drg. Rosa Amalia, M. Kes., Ph.D

2020 | Skripsi | S1 KEDOKTERAN GIGI

Mahasiswa memiliki kesiapan belajar mandiri yang berbeda-beda. Kesiapan belajar mandiri (self directed learning readiness) menjadi salah satu aspek didalam diri mahasiswa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Selanjutnya, kesiapan belajar mandiri yang dimiliki oleh mahasiswa akan turut menentukan jalannya proses belajar yang dilalui selama masa perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar mandiri terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode cross sectional. Penelitian menggunakan metode sampel total dan memperoleh 115 responden yang merupakan mahasiswa Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Penelitian dengan analisis data univariat dan bivariat. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan kesiapan belajar mandiri dengan indeks prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. (r = 0.064 ; p = 0.497) Kata kunci: kesiapan belajar mandiri, prestasi akademik, fkg ugm. *Program Studi Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia **Departemen Ilmu Kesehatan Gigi dan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia ***Departemen Ilmu Kesehatan Gigi dan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

Student has different self-directed learning readiness. Self-directed learning readiness becomes one of the aspects in students that is influenced by various internal and external factors. Furthermore, self-directed learning readiness owned by students will also determine the way of the learning process that is passed during the lecture. This study aims to determine the relationship of self-directed learning readiness to the academic achievement of the 2019 Gadjah Mada University Dentistry students. This research is an analytic study with cross sectional method. Study used a total sampling method and obtained 115 respondents who were 2019 Gadjah Mada University Dentistry students. Research with univariate and bivariate data analysis. The results of this study conclude that there is no relationship between self-directed readiness and academic achievement index of 2019 Gadjah Mada University Dentistry students. (r = 0.064 ; p = 0.497) Keywords: self-directed learning readiness, academic achievement, fkg ugm. * Dentistry Study Program, Faculty of Dentistry, Gadjah Mada University, Yogyakarta, Indonesia ** Department of Dental Public Health, Faculty of Dentistry, Gadjah Mada University, Yogyakarta, Indonesia *** Department of Dental Public Health, Faculty of Dentistry, Gadjah Mada University, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci : kesiapan belajar mandiri, prestasi akademik, self-directed learning readiness, academic achievement, fkg ugm

  1. S1-2020-393840-abstract.pdf  
  2. S1-2020-393840-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393840-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-393840-title.pdf