Efek Restoratif Lingkungan Simulasi (Virtual Reality & Video 2D) dalam Menurunkan Stres
BAYU SUSENO, Thomas Dicky Hastjarjo, Prof. Dr.
2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIStres merupakan masalah umum yang berhubungan dengan kesehatan mental dan fisik yang buruk. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menurunkan stres adalah melalui exposure lingkungan restoratif alami maupun simulasi. Sebagai lingkungan simulasi, Virtual Reality dan Video 2D menyediakan exposure yang lebih aman, dan terkondisikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek lingkungan simulasi (Virtual Reality & Video 2D) dan perbedaannya dalam menurunkan stres. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara VR & Video 2D dalam menurunkan stres. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest comparison group design. Sejumlah 53 partisipan dibagi kedalam dua kelompok eksperimen Video 2D; n=28, dan Virtual Reality; n=25. Hasil analisis ANOVA MIXED DESIGN menunjukkan bahwa lingkungan simulasi dapat menurunkan stres, F(1, 51) = 97,898; p < 0,01. Meskipun demikian tidak terdapat perbedaan antara Virtual Reality dan Video 2D dalam menurunkan stres, F(1, 51) = 0,082; p = ,776.
Stress is a common problem associated with poor mental and physical health. Exposure to natural and simulated restorative environments, can be used to reduce stress. As a simulated environments, Virtual Reality and 2D Video provide safer and more controlled exposure. This study aims to determine the effect of Virtual Reality & 2D Video and its differences in reducing stress. The hypothesis of this study is that there is a difference between Virtual Reality & 2D Video in reducing stress. The research method used was a pretest-posttest comparison group design. The number of 53 participants were divided into two experimental groups 2D Video; n=28, and Virtual Reality; n=25. ANOVA MIXED DESIGN analysis results showed that simulated environments can reduce stress, F(1,51) = 97.898, p < 0.01. Nevertheless there is no difference between Virtual Reality and 2D Video in reducing stress, F(1, 51)=0.082, p = .776.
Kata Kunci : Stres, Restoratif, Virtual Reality, Video 2D, Respons fisiologisStres, Restoratif, Virtual Reality, Video 2D, Respons fisiologis