IMPLEMENTASI PRINSIP SUSTAINABILITY DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASARKAN ISO 26000 DI PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK, TUBAN
Muhamad Didih, Dr. Tri Winarni Soenarto Putri, S.U
2019 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAANCorporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. Bentuk komitmen ini berdasar pada peraturan pemerintah yaitu Undang -Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Implementasi program CSR dapat diterapkan oleh perusahaan untuk membangun hubungan harmonis dengan stakeholder (Pemangku Kepentingan). Perusahaan perlu memperhatikan efektivitas program CSR agar mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan yang mengarah kepada pembangunan berkelanjutan. Prinsip Responsibility dalam program CSR adalah salah satu strategi yang tepat bagi perusahaan dalam merealisasikan program CSR yang memiliki dampak berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya praktek CSR yang dilakukan oleh perusahaan namun terkesan hanya menjalin hubungan harmonis dengan stakeholder. Aspek keberlanjutan perlu dilihat dari sudut pandang penerima program CSR sehingga dapat diketahui manfaat yang ditimbulkan. Terdapat beberapa indikator keberlanjutan yang akan dilihat oleh peneliti dengan disesuaikan pada core-subject community involvement and development dalam ISO 26000. Dalam penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa perusahaan masih belum mampu memaknai prinsip sustainability sehingga setiap program masih bersifat karitatif. Pada aspek kebijakan sejatinya perusahaan telah memiliki porsi dan tujuan yang jelas namun pada taraf implementasi serta kualitas sumber daya manusia masih terdapat kesenjangan. Perusahaan juga dapat melihat aspek keberlanjutan dari sudut pandang ISO 26000 sebagai salah satu pedoman yang berlaku secara internasional terkait implementasi program social responsibility. PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban telah mengupayakan penerapan sustainability terhadap program CSR yang dilakukan. Namun, ada beberapa program yang masih perlu re-orientasi dan evaluasi yang disesuiakan dengan indikator CSR yang tepat dan sesuai keilmuan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Prinsip Responsibility, ISO 26000
Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of corporate responsibility to the environment and society. This commitment is based on government regulation of law No. 40/2007 about limited liability company. Implementation of CSR program can be applied by the company to establish harmonious relationship with stakeholders. Companies need to pay attention to the effectiveness of CSR programs in order to improve the quality of life of people and environment around the company leading to sustainable development. The Responsibility principle in CSR program is one of the strategies for the company in implementing the CSR program that has sustainable impact. This research uses qualitative methods that consist of observations, in-depth interviews and documentation. The background in this study is the existence of CSR practices conducted by the company that impressed only establish a harmonious relationship with the stakeholders. aspects of sustainability need to be seen from the recipient's point of view CSR program so it can be known benefits. There are several sustainability indicators that researchers will see by the core-subject community involvement and development in ISO 26000. In this study came the conclusion that the company is still not able to understand the principle of sustainability so that every program is still the same. In the true aspect of the policy, the company has had a clear portion and purpose but the level of implementation of the social responsibility program. PT. Semen Indonesia (Persero) Tuban Plant has been pursuing the implementation of sustainability in the CSR program. However, some programs still need re-orientation and evaluation that is adjusted with the appropriate CSR indicators and the appropriate scholarly. Keywords: Corporate Social Responsibility, Responsibility Principle, ISO 26000
Kata Kunci : Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Prinsip Responsibility, ISO 26000