Pengaruh Status Migrasi Orang Tua terhadap Partisipasi Sekolah Anak
DIMITRI SWASTHIKA N, Gumilang Aryo Sahadewo,S.E.,M.A.,Ph.D.
2020 | Skripsi | S1 ILMU EKONOMIMigrasi menjadi strategi rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga dan standar hidup. Namun, ketidakhadiran orang tua dapat memberikan gangguan pada kehidupan rumah tangga, khususnya bagi anak yang ditinggalkan. Hal tersebut dapat berpengaruh pada pendidikan anak. Dengan menggunakan data pooled cross section yang berasal dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) gelombang 4 dan gelombang 5, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status migrasi orang tua terhadap pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode regresi OLS dan 2SLS dengan menggunakan migration network sebagai instrumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa migrasi internal cenderung lebih berpengaruh terhadap pendidikan anak dibandingan migrasi internasional. Status migrasi internal ibu memiliki hasil yang berbeda tergantung alasan bermigrasi. Ibu yang bermigrasi menunjukkan pengaruh positif (bekerja) dan pengaruh negatif (selain bekerja) terhadap pendidikan anak. Status migrasi internal kedua orang tua dan keluarga menunjukkan pengaruh yang negatif terhadap pendidikan anak. Status migrasi internasional orang tua tidak berpengaruh pada pendidikan anak.
Migration becomes a household strategy to increase household income and living standards. However, the absence of parents can disrupt to household life, especially for children who are left behind. This can affect the education of children. Using pooled cross section data from 5 Indonesia Family Life Survey (IFLS) wave 4 and wave, this study aims to analyze the effect of parental migration status on children's education. This research uses OLS and 2SLS regression methods. The migration network is used as an instrument for parental migration status. The results of this study show that internal migration tends to be more influential on children's education compared to international migration. The status of the internal migration of mothers has different results depending on the reasons for migrating. Mothers who migrate show positive effects (work) and negative effects (other than work) on children's education. The internal migration status of both parents and family shows a negative effect on children's education. Parental international migration status has no effect on children's education.
Kata Kunci : migrasi internal, migrasi internasional, pendidikan anak, pengeluaran rumah tangga