Laporkan Masalah

MODEL BISNIS : ACRONYM.inc . PLATFORM PENGADAAN BARANG KANTOR UNTUK BISNIS STARTUP DAN PERUSAHAAN SWASTA

MEILANI PUTRI UTAMI, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM,Ph.D.,

2020 | Tesis | Magister Manajemen

Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama dalam digital platform. Maraknya digital platform saat ini menjadikan sebuah peluang bisnis berada dalam kemudahan memperoleh kebutuhan pelanggan pada suatu platform. Pengadaan barang merupakan kebutuhan bisnis startup dan perusahaan swasta untuk menjalankan kegiatan kinerja perusahaan. Pada bisnis startup dan perusahaan swasta sering mengalami kesulitan memperoleh pengadaan barang dikarenakan kurangnya informasi sehingga mengakibatkan operasional bisnis tidak berjalan lancar. Pengadaan barang di Indonesia pun sudah banyak; hanya saja tidak terfokuskan pada sebuah media yang memiliki pasar niche/ceruk. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan konsep model bisnis digital platform ACRONYM.inc sebagai media pemertemu pihak vendor dengan bisnis startup dan perusahaan swasta. Pengumpulan data pada ACRONYM.inc dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara untuk memperoleh gambaran model bisnis dan mengetahui strategi yang digunakan sebelum perusahaan didirikan. Hasil analisis kinerja seperti kelayakan finansial ditentukan pada penelitian ini. Terdapat tiga skenario yang digunakan pada perhitungan kelayakan finansial yaitu normal, optimis, dan pesimis. Hasil NPV pada skenario normal bernilai positif dengan IRR sebesar 48% dan PP selama 1 tahun 8 bulan. Skenario optimis bernilai positifdengan IRR sebesar 68% dan PP selama 1 tahun 6 bulan. Sementara itu, pada skenario pesimis nilai NPV positif, dengan IRR sebesar 25% dan PP selama 2 tahun 3 bulan.

Technological developments are progressing rapidly, especially in digital platform industries . The rise of digital platforms is now making a business opportunity in the ease of obtaining customer needs on a platform . Procurement (pengadaan) is a necessity for startup businesses and private companies to carry out company performance activities. Startup business and private companies often have difficulty obtaining procurement of goods due to lack of information resulting in business operations not running smoothly. In Indonesia there are a lot procurement company, they just not focused on a media that has a niche market / niche. The purpose of this study is to determine the feasibility of the concept of the ACRONYM.inc digital platform business model as a media to meet vendors with startup businesses and private companies. Data collection on ACRONYM.inc is done by collecting primary and secondary data sources. Primary data obtained from interviews to obtain an overview of business models and find out the strategies used before the company was founded. The results of performance analysis such as financial feasibility are determined in this study. There are three scenarios used in the calculation of financial feasibility, namely normal, optimistic, and pessimistic. The NPV results in the normal scenario are positive with an IRR of 48% and PP for 1 year 8 months. The optimistic scenario is positive with an IRR of 68% and PP for 1 year and 6 months. Meanwhile, in the pessimistic scenario the NPV value is positive, with an IRR of 25% and PP for 2 years and 3 months.

Kata Kunci : Platform, Procurement, Strategic Sourcing

  1. S2-2020-432653-abstract.pdf  
  2. S2-2020-432653-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-432653-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-432653-title.pdf