IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB TERHADAP LOGISTIK TOKO RITEL (STUDI KASUS DI MINIMARKET "DJOGJA" DI PALEMBANG, SUMATERA SELATAN, INDONESIA)
M FAJRUL FALAH, Drs. Moh. Halimi, M. M.
2020 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENPerusahaan sebagai organisasi yang berorientasi profit membutuhkan keunggulan kompetitif daripada pesaing. Diperlukan data-data dari waktu lampau maupun yang termutakhir baik berupa data internal maupun data eksternal untuk mengetahui tentang kondisi yang sedang berlangsung sehingga manajer dapat menentukan tindakan dan sikap yang diperlukan untuk menghadapinya. Perkembangan teknologi digital dari waktu ke waktu mendorong minimarket Djogja untuk menyesuaikan diri agar tidak terdisrupsi oleh pesaing dan mampu bertahan bahkan berkembang. Sebelum SI versi pertama digunakan, aktivitas harian minimarket masih menggunakan cara manual yang kurang efisien baik secara waktu maupun tenaga serta menyulitkan pengambilan keputusan berbasis data. Sebagai langkah awal untuk mengatasinya, sistem informasi versi awal mulai diterapkan pada Januari 2019 terutama yang berkaitan dengan aktivitas manajemen logistik yang konsentrasinya sebagian besar berupa pengelolaan pegawai dan sediaan barang. Penelitian ini dimaksudkan sebagai dasar untuk pembenahan dan pengembangan sistem informasi versi pertama yang digunakan pada minimarket Djogja melalui pengumpulan data serta evaluasi yang dilaksanakan mulai tanggal 24 Desember 2019 hingga 20 Januari 2020, guna penilaian fasilitas yang tersedia serta performa sistem informasi itu sendiri. Fasilitas yang ditawarkan belum cukup sesuai dengan ekspektasi karena terdapat beberapa kekurangan yang perlu dibenahi di samping ide pengembangan dari umpan balik pengguna. Kekurangan yang ditemukan adalah tampilan jendela perangkat lunak bersifat fixed (tidak dapat menyesuaikan dengan ukuran monitor), tidak tersedia opsi pembatalan pada transaksi penjualan barang secara individu, dan waktu pemrosesan transaksi melambat seiring pertambahan data. Adapun ide untuk pengembangan berdasarkan umpan balik pengguna adalah penambahan fitur filter tampilan data pada Daftar Barang Hampir Habis dan opsi penyimpanan foto nota transaksi pembelian barang. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan pihak manajemen minimarket dapat mewujudkan sistem informasi baru yang mampu menambah keunggulan kompetitif perusahaan.
Company requires competitive advantage than its competitor as profitoriented organization. It requires data from the previous time to the most recent recorded data in form of internal or external data in order to know the real time condition happening thus manager able to decide the suitable action and attitude to stand against it. Technology development encourages Djogja minimarket to adapt itself to survive even developing towards competitor's disruption. Before the 1st version of information system used, the daily activity of minimarket implements manual method which less efficient from time and manpower even complicating data-based decision process. As initial step to solve its inefficiency, the first version of information system implemented starting from January 2019 especially the activity that relate to logistic management which handle most of human resource (manpower) and goods management. This research intended to be use as reference for improvement and development of 1st version of information system at Djogja minimarket as resulted from data collecting and evaluation that performed from 24th December 2019 until 20 January 2020 for assessment of provided facilities and the performance itself. The facilities provided slightly are not match with expectation because the presence of some of weakness to be solved besides development idea from user feedback. The weakness mentioned before: the software's window is fixed (unable to adapt with monitor screen resolution), no cancellation option for individual goods on selling transaction, and transaction processing time slower as the accumulated data grow. The development idea based on user feedback are adding data view filter feature on Daftar Barang Hampir Habis, and save the picture of purchase transaction's invoice feature. By knowing such things, the minimarket management hopefully able to realize the new information system for company competitive advantage.
Kata Kunci : sistem informasi,manajemen,minimarket