Laporkan Masalah

PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP CAPAIAN PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 2007 DAN 2014

Sabela Nur Amalina, Rimawan Pradiptyo, Ph.D

2020 | Skripsi | S1 ILMU EKONOMI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh modal sosial terhadap capaian pendidikan di Indonesia tahun 2007 dan 2014. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui keberadaan perbedaan pengaruh modal sosial terhadap capaian pendidikan di wilayah perkotaan dan perdesaan. Data yang digunakan ialah data individu usia sekolah (6 - 25 tahun) yang diperoleh dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) gelombang 4 tahun 2007 dan gelombang 5 tahun 2014 menggunakan metode fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial berpengaruh secara signifikan terhadap capaian pendidikan individu. Hal ini terjadi karena individu dengan modal sosial yang lebih tinggi mampu memperoleh informasi dan wawasan mengenai fasilitas pendidikan sebagai sarana dalam mencapai capaian pendidikan. Peneliti juga menemukan bahwa perbedaan wilayah pedesaan dan perkotaan berpengaruh pada capaian pendidikan. Individu yang tinggal di wilayah pedesaan memiliki pengaruh yang lebih rendah dibandingkan individu yang tinggal di wilayah perkotaan.

This study aimed to analyze empirically the effect of social capital on educational attaintment in Indonesia on 2007 and 2014. Moreover, this research also analyze whether there is a difference between effect of social capital on educational attaintment in urban and rural area.This study using the data of school-aged individuals (6 - 25 years old) gathered from Indonesia Family Life Survey (IFLS) fourth wave on 2007 and fifth wave on 2014 using fixed effect methods The result of our study reveals that social capital found to be significant towards individual's educational attainment. This finding implies that individual with higher social capital are able to gain knowledge and information about educational facilities. This reseacrh also found there is a difference between effect of social capital on educational attaintment in urban and rural area. Individual from rural area has lower effect than individual from urban area.

Kata Kunci : Social Capital, Educational Attaintment, Rural, Urban, Fixed Effect, IFLS

  1. S1-2020-377352-abstract.pdf  
  2. S1-2020-377352-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-377352-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-377352-title.pdf