Laporkan Masalah

Analisis prospek PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dalam era pasar bebas industri jasa telekomunikasi Indonesia

MULYADI, Drs. Teguh Budiarto, MIM

2001 | Tesis | Magister Manajemen

Tujuan penelian ini dimaksudkan untuk mengetahui peluang (prospek) PT. Telkom dalam industri jasa telekomunikasi Indonesia setelah pemerintah merubah kebijakan di sektor ini melalui Undang-undang Nomor 36 tanggal 8 September tahun 2000 yaitu dari kebijakan yang bersifat proteksi (monopolistik) menjadi kebijakan yang berorientasi pasar bebas. Perubahan kebijakan tersebut berpengaruh terhadap posisi Telkom, penulis ingin mengetahui secara persis peluang (prospek) Telkom dalam era pure competition (pasar bebas) tersebut. Penelitian yang dilakukan penulis melalui beberapa cara antara lain dengan : Pertama pengamatan langsung di lapangan dimana penulis secara langsung terlibat dalam kegiatan operasional sehari-hari. Kedua penulis melakukan study data perusahaan, baik dari data-data operasional maupun datadata yang bersumber dari laporan executive yang dikeluarkan secara berkala. Ketiga, untuk melengkapi data yang tidak tercover dalam dua metode di atas penulis melakukan study perpustakaan dan study internet. Dari analisis yang telah dilakukan maka diketahui bahwa apabila Telkom tidak melakukan langkah perbaikan secara signifikan sampai dimulainya era pasar pure competition, maka peluang Telkom dalam pasar cukup riskan karena kinerjanya berada dibawah para pemain lain. Langkah yang dapat diambil Telkom untuk mengamankan peluangnya adalah dengan melakukan kemitraan, dan kemitraan yang paling optimal adalah dengan mitra global

The objective of research was to identify a PT Telkom opportunity (prospect) in the telecommunication service industry of Indonesia after government changes the policy in this sector through the Regulation Number 36 dated 8* September 2000, that is from a protective (monopolistic) policy into the free market oriented policy. This policy change has influence to the Telkom position, so that the writer wants to know the Telkom opportunity (prospect) precisely in the pure competition (free market) era. The writer in some ways has performed the research namely: First, direct observation on field where the writer involved directly in daily operational activity. Second, the writer takes study of the company data, both from operational data or that has source of the executive report that issued periodically. Third, to complete an uncovered data in both methods above the writer take a library and Internet study. From the analysis has been implemented, it was known that if Telkom do not improvement measure significantly until beginning Qf the pure competition market era, the Telkom opportunity to the market was quite risk since its performance was under the other player. The measure that Telkom can take to safe their opportunity is doing partnership, and the optimal partnership is the global partner

Kata Kunci : Prospek Bisnis,Telekomunikasi,Pasar Bebas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.