MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI (Survei pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Aktif Tahun 2018 tentang Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan Informasi)
FARID AJI PRAKOSA, Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar M.E.S
2020 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIPesatnya perkembangan media baru mengarahkan mahasiswa kepada model baru pemenuhan kebutuhan informasi melalui platform online. Dimana kebutuhan informasi yang tinggi pada mahasiswa semakin membuka kesempatan untuk dapat memenuhinya dengan beragam cara, termasuk melalui media sosial. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (DIKOM UGM) Yogyakarta angkatan tahun 2018, sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratifications dan Teori Social Cognitive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuisioner yang dilakukan dua tahap, yaitu online dan offline. Terjaring sebanyak total 234 responden, dengan rincian 46 responden dari tahap online serta 188 responden dari tahap offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor gratifikasi pencarian informasi dan hiburan merupakan faktor utama yang mempengaruhi mahasiswa dalam konsumsi informasi melalui media sosial. Selain itu pengalaman menggunakan media sosial sebelumnya juga akan mempengaruhi frekuensi mahasiswa dalam konsumsi informasi melalui media sosial. Sedangkan kebutuhan pencarian status akan meningkatkan konsumsi informasi melalui media sosial, pada saat mahasiswa mempunyai pengalaman menggunakan media sosial sebelumnya. Serta Expected Outcomes mempunyai peran dalam membuat mahasiswa semakin sering mengkonsumsi informasi melalui media sosial. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya dibutuhkan penelitian sejenis dengan pengembangan lebih lanjut model analisis moderator dan mediator.
The rapid growth of new media direct college students to the new models of fulfilling information needs, through online platforms. Where the high information needs of students increasingly open up opportunities to be able to fulfill it in various ways, including through social media. Therefore, this research was conducted to study how the college students of Department of Communication Studies, Gadjah Mada University (DIKOM UGM) Yogyakarta class of 2018, use social media as a means of fulfilling the needs of information consumption, which aims to provide an overview about social media usage by college students as a means of fulfilling the needs of information consumption. This study use the Uses and Gratifications Theory and Social Cognitive Theory. Data collection was carried out with survey method by distributing questionnaires which were carried out in two stages, online and offline. A total of 234 respondents were collected, with details of 46 respondents from the online stage and 188 respondents from the offline stage. The results of the study indicate that information seeking and entertainment gratification are the main factor influencing students in consuming information through social media. Besides the prior experience of using social media will also affect the frequency of consuming information through social media. While status seeking will increase information consumption frequency through social media, when students have experience using social media before. And Expected Outcomes has a role in making students more often consume information through social media. Whereas for further research similar research is needed with further development of moderator and mediator analysis models.
Kata Kunci : Uses and Gratifications, Social Cognitive Theory, Konsumsi Informasi, Media Sosial.