Analisis Manajemen Persediaan Guest Amenities Pada Prime Plaza Hotel Jogjakarta
NURUL AJENG ARINI, Kuncoro Harto Widodo, Dr., M.Eng.,
2020 | Tesis | Magister ManajemenPariwisata menjadi salah sektor yang semakin memperlihatkan kontribusinya dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Salah satu dampak meningkatnya minat akan sektor pariwisata, dibuktikan dengan semakin berkembangnya jumlah akomodasi pada suatu daerah wisata. Salah satu bentuk akomodasi yang saat ini tengah berkembang yaitu industri perhotelan. Dalam penelitian ini dilakukan studi kasus pada Prime Plaza Hotel Jogjakarta, sebagai salah satu penyedia akomodasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Prime Plaza Hotel Jogjakarta memiliki permasalahan pada persediaan guest amenities, yang merupakan fasilitas wajib dalam sebuah kamar hotel. Pemesanan persediaan guest amenities yang dijalankan saat ini didasarkan pada asumsi dan intuisi, sehingga didapatkan pada suatu waktu terjadi stockout (kehabisan barang). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jumlah pemesanan dan biaya yang optimal pengadaan stok persediaan guest amenities pada sistem pembelian Prime Plaza Hotel Jogjakarta. Analisis pembelian persediaan guest amenities dilakukan dengan metode Material Requirement Planning (MRP), karena permintaan guest amenities bersifat dependent, artinya guest amenities merupakan fasilitas yang tidak dapat dipisahkan dengan pemesanan suatu kamar hotel. Tahap penelitian yang digunakan dalam metode MRP adalah perhitungan lot sizing. Perhitungan lot sizing digunakan agar didapatkan jumlah tiap pemesanan dan biaya yang optimal. Perhitungan lot sizing yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Economic Order Quantity (EOQ) dan Fixed Order Quantity (FOQ). Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini, yaitu pada penggunaan metode perusahaan, yaitu asumsi dan intuisi serta metode EOQ diperlukan total biaya pemesanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode FOQ, hal ini disebabkan karena frekuensi pemesanan pada metode FOQ lebih kecil dibandingkan dengan dua metode lainnya, sehingga dapat menghemat biaya pemesanan hingga lebih dari lima puluh persen, oleh karena itu, metode FOQ dapat dijadikan alternatif solusi untuk diaplikasikan pada Prime Plaza Hotel Jogjakarta.
Tourism becomes one of the sectors that increases its contribution to the economic development of a country. One of the most visible impact in the increasing of tourism sector could be seen by the growing numbers in the tourist areas. One form of accomodation that was currently developing was the hospitality industry. In this research, a case study was conducted at Prime Plaza Hotel Jogjakarta, as an accomodation provider in the Special Region of Yogyakarta. Prime Plaza Hotel Jogjakarta had problems regarding its guest amenities, which were must required items in hotel rooms. Ordering guest amenities who were using at this time based on consideration and intuition, so that it was obtained when a stockout occured. This research was conducted to obtain the optimal number of orders and costs of guest amenities on purchasing procedure at Prime Plaza Hotel Yogyakarta. Analysis of guest amenities ordering was carried out using the Material Requirement Planning (MRP) method, because demand of guest amenities depended on hotel rooms, meaning that guest amenities were facilities that cannot be devided by a hotel room. The research phase used in the MRP method was the lot sizing test. Lot sizing were used to get the optimal amount for order and cost. The calculation of lots used in this study are Economic Order Quantity (EOQ) and Fixed Order Quantity (FOQ). The conclusion obtained in this study were, with the company method, that was consideration and intuition and the EOQ method required higher total ordering costs compared to the FOQ method, this was because the ordering frequency in the FOQ method was higher than the two other methods, so it can save ordering costs by more than fifty percent, therefore, the FOQ method can be used as an alternative solution to be applied to Prime Plaza Hotel Jogjakarta.
Kata Kunci : hotel, inventory, guest amenities, MRP, lot sizing, EOQ, FOQ