Laporkan Masalah

TINGKAT SELF-ESTEEM REMAJA AKHIR PEREMPUAN DITINJAU DARI PERSEPSI KUALITAS HUBUNGAN DENGAN IBU

NISRINA HANUN IFTADI, Haryanto, Drs., M.Si., Psikolog

2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Self-esteem merupakan salah satu aspek psikologis yang penting dalam kehidupan manusia. Tingkat self-esteem yang tinggi berkaitan dengan kesuksesan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Self-esteem berkembang sepanjang kehidupan manusia, masa remaja akhir merupakan salah satu periode penting dalam perkembangan self-esteem. Persepsi kualitas hubungan dengan Ibu menjadi salah satu faktor penting yang berkaitan dengan tingkat self-esteem pada tahap remaja akhir, terutama pada perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan persepsi kualitas hubungan dengan Ibu dan tingkat self-esteem pada remaja akhir perempuan. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan skala Mother-Adult Daughter Questionnaire (MAD) dan skala Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSI) yang didistribusikan pada 130 mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dengan rentang usia 18-21 tahun (remaja akhir) dan dianalisis dengan metode kuantitatif. Hasil olah data penelitian dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson menunjukkan adanya korelasi positif antara kedua variabel dengan nilai koefisien (r= 0.581, p<0.05).

Self-esteem is one of the most important psychological aspects in human's life. High level of self-esteem is associated with success in various areas of human's life. Self-esteem develops throughout the life and late adolescence is one of the most crucial phase of self-esteem development. Perception of thequality of relationship with mother is one of the factors that has significant role to determine the level of self-esteem, especially on girls. The purpose of this study is to find out the correlation between perception of the quality of mother-daughter relationship and the level of self-esteem in late adolescene. Data in this paper was gathered by using Mother-Adult Daughter Questionnaire (MAD) scale and Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSI) scale that distributed to 130 female college students in Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada with age 18-21 (late adolescence), then analyzed using the quantitative method. The result based on Karl Pearson's Product Moment correlation technique shows positive correlation between both variables (r= 0.581, p<0.05).

Kata Kunci : Persepsi kualitas hubungan dengan Ibu, Remaja akhir perempuan, Self-esteem

  1. S1-2020-399046-abstract.pdf  
  2. S1-2020-399046-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-399046-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-399046-title.pdf