ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN NIAT REKOMENDASI WISATAWAN YANG BERKUNJUNG KE TAMAN WISATA ALAM KAWAH IJEN, BANYUWANGI
HARI MURTI MAHATMA P, Yulia Arisnani Widyaningsih M.B.A., Ph.D
2020 | Tesis | Magister ManajemenPeneltian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh pemasaran berbasis pengalaman terhadap kepuasan wisatawan yang nantinya akan berpengaruh terhadap niat merekomendasi kepada calon wisatawan di Kawasan Wisata Alam Kawah Ijen. Penelitian ini menggunakan data sebanyak 185 responden dengan metode convenience sampling, yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung dan dianalisis menggunakan regresi sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pemasaran berbasis pengalaman dan dapat mengidentifkasi secara spesifik variabel mana yang memiliki pengaruh lebih kuat dan lebih lemah. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa variabel think tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan, sedangkan variabel relate memiliki pengaruh yang paling signifikan. Untuk hasil berikutnya adalah variabel kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat rekomendasi.
This research aims to test the effect of experiential marketing on tourist satisfaction which will later influence the intention to recommend potential tourists to visit Ijen Crater. This study used 185 respondents with convenience sampling method, which were collected using a questionnaire that was distributed directly and analyzed using simple and multiple regression with the help of SPSS version 23. The results obtained from this study reveals that experiential marketing will be able to identify specifically which variables have stronger and weaker influences on tourist satisfaction. In this study it can be seen that the think variable does not have a significant effect on tourist satisfaction, while the relate variable has the most significant effect. For the next result is the variable of tourist satisfaction proved significantly effected to the intention of the recommendation to visit.
Kata Kunci : Experiential Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, Kepuasan Konsumen, Niat rekomendasi