PENGARUH KREDIBILITAS WIRAUSAHAWAN SELEBRITI DAN IKLAN PADA NIAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MADAME GIE DAN IVAN GUNAWAN COSMETICS
ANNISA SETIYARANI K, Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., M.B.A.
2020 | Tesis | Magister ManajemenWirausahawan selebriti merupakan orang-orang yang banyak dikenal karena ketenarannya dan ikut serta dalam memiliki dan menjalankan usaha. Fenomena ini muncul karena konsumen menyadari bahwa saat ini penggunaan selebriti sebagai pendukung sebuah produk tidak terlalu relevan lagi. Sehingga banyak para selebriti yang mencoba untuk memasuki dunia bisnis dan salah satu bisnis yang popular saat ini adalah bisnis kosmetik. Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh kredibilitas wirausahawan selebriti dan iklan pada sikap terhadap iklan, merek dan niat pembelian produk kosmetik milik selebriti yang paling banyak diketahui konsumen yaitu Madame Gie dan Ivan Gunawan Cosmetics pada konsumen wanita di Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui media sosial dan manual. Sampel yang berhasil dikumpulkan terdiri dari 183 responden Madame Gie dan 153 responden Ivan Gunawan Cosmetics. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan sederhana. Hasil menunjukkan bahwa kredibilitas wirausahawan selebriti dan kredibilitas iklan secara keseluruhan mempengaruhi secara positif sikap konsumen terhadap iklan dan merek. Hanya saja jika dilihat secara parsial dari tiga faktor kredibilitas wirausahawan selebriti, keahlian merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling besar diantara dua yang lainnya yaitu daya tarik dan tingkat kepercayaan. Kredibilitas iklan juga merupakan salah satu hal yang penting dalam mempengaruhi niat beli konsumen pada produk. Sikap terhadap iklan dan merek juga diketahui memiliki pengaruh yang berbeda untuk setiap merek pada niat pembelian. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penting bagi merek kosmetik milik wirausahawan selebriti untuk bekerjasama dengan ahli untuk meningkatkan kredibilitas mereka. Serta memberikan informasi yang lebih banyak melalui iklan untuk meningkatkan sikap positif konsumen pada iklan dan merek yang berakibat pada meningkatnya niat konsumen untuk membeli produk mereka.
Celebrity entrepreneurs are people who are famous for their fame and involvement in running a business. This phenomenon occurred because consumers realized that by using celebrities to support the products are no longer relevant. Tried many celebrities who tried to move the business world and one of the most popular businesses today is the cosmetics business. This study analyzes how to influence the credibility of celebrity entrepreneurs and advertisements on attitudes towards advertising, brands, and intention to buy cosmetic products belonging to the most popular celebrity consumers, namely Madame Gie and Ivan Gunawan Cosmetics to female consumers in Yogyakarta. The data were collected through questionnaires distributed through social media and manuals. The samples collected consists of 183 respondents from Madame Gie and 153 respondents from Ivan Gunawan Cosmetics. The data obtained were analyzed using multiple linear regression and simple. The results showed the credibility of celebrity entrepreneurs and the credibility of advertising fully affect consumers positively towards advertising and brands. By looking the results partially, it showed that expertise is one of the factors which gave the biggest impact than the others: attractiveness and trustworthiness. This results are based on the 3 factors of celebs entrepreneur credibility. The credibility of advertising is also one of the things that are important in influencing consumer purchase intentions on products. Attitudes towards advertising and brands also have different interests for each brand in purchase intentions. This research has important implications for celebrity entrepreneur's cosmetic brands in order to work with experts to increase their credibility. Also, this study provides more information through advertising to enhance the positive attitude of consumers in advertising and brands that result in a commitment of consumers' intention to buy their products.
Kata Kunci : Wirausahawan Selebriti, Kredibilitas Selebriti, Sikap terhadap Iklan, Sikap terhadap Merek, Niat Pembelian