Laporkan Masalah

EFFECT OF ORGANIZATIONAL LEARNING ON COMPETITIVE ADVANTAGE OF PT. XYZ GENERAL INSURANCE BROKER

RINI SETIAWATI, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.,

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Gangguan teknologi, perubahan perilaku, sikap - tergantung pada digital, dan harapan dari klien, mendorong broker untuk menyusun strategi dengan mengembangkan aset berwujud dan tidak berwujud untuk mempertahankan daya saing mereka. karena tindakan dan langkah yang diambil oleh perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaing di pasar menjadi jantung dan jiwa dari strategi, PT. XYZ telah mulai mengembangkan layanan inovatif untuk pelanggannya, menyiapkan proses otomatisasi dan menciptakan agregator untuk bisnis ritel. Ini dianggap sebagai faktor penting bagi PT. XYZ untuk mencapai keunggulan kompetitif, tetapi pengembangan teknologi dan infrastruktur tersebut tidak diimbangi dengan pengembangan keterampilan dan pengetahuan sumber daya manusia dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pembelajaran organisasi pada keunggulan kompetitif broker asuransi PT XYZ. Jumlah responden adalah 158. Data dianalisis menggunakan alat Partial Least Square (PLS). Hipotesis penelitian ini terdiri dari 9 hipotesis yang meningkatkan dampak langsung positif dari budaya belajar, praktik kepemimpinan, proses pembelajaran, pemikiran sistem, terhadap tingkat pembelajaran. Ini juga memunculkan efek mediasi dari tingkat pembelajaran terhadap budaya belajar, praktik kepemimpinan, proses pembelajaran, pemikiran sistemik, dan pembelajaran organisasi terhadap pencapaian keunggulan kompetitif PT. Pialang Asuransi XYZ. Dengan menggunakan data dari karyawan di Jakarta, Surabaya dan Medan penulis menemukan bahwa budaya belajar, proses belajar, dan tingkat pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif perusahaan baik secara langsung maupun sebagian, serta peran tingkat pembelajaran. Sementara itu, praktik kepemimpinan dan pemikiran sistem terbukti tidak mempengaruhi keunggulan kompetitif PT. Pialang Asuransi XYZ.

The technology disruption, behavioural changes, attitudes - digitally-dependent, and expectations from clients, push brokers to craft a strategy by developing their tangible and intangible assets to maintain their competitiveness. As actions and moves taken by the company to gain a competitive advantage over rivals in the market become the heart and soul of any strategy, PT. XYZ has started to develop innovative services for its customers, setting up the automatization process and creating the aggregator for retail business. It considered an essential factor for PT. XYZ to achieve a competitive advantage, but that development is not in line with the development of skills and knowledge of human resources within the company. This study was conducted to examine the effect of organizational learning on the competitive advantage of PT XYZ insurance brokers. The number of respondents was 158. The data was analyzed using the Partial Least Square (PLS) tool. The hypothesis of this research is consisting of 9 hypotheses raising the positive direct impact of learning culture, leadership practice, learning process, system thinking, on the rate of learning. It also raises the mediates effect of rate of learning on learning culture, leadership practices, learning processes, system thinking, and organizational learning on achieving competitive advantage of PT. XYZ Insurance broker. Utilized data from the employees in Jakarta, Surabaya and Medan the author found that learning culture, learning process, and rate of learning significant influence the company competitive advantage either directly or partially, as well as the role of rate of learning. Meanwhile, leadership practice and system thinking proved not to influence the competitive advantage of PT. XYZ Insurance broker.

Kata Kunci : Organizational Learning, Strategy, Competitive Advantage

  1. S2-2020-421945-Abstract.pdf  
  2. S2-2020-421945-Bibliography.pdf  
  3. S2-2020-421945-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-421945-Title.pdf