PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR ATAS BERITA PEMBERIAN PERINGKAT INVESTMENT GRADE OLEH S&P KEPADA INDONESIA
ADITYAS WICAKSANA, Mamduh M. Hanafi, Prof., Dr., M.B.A.,
2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Investor membutuhkan berita dan informasi yang lengkap untuk mengambil keputusan investasi. Berita pemberian peringkat investment grade oleh S&P kepada Indonesia pada 19 Mei 2017 seharusnya memberikan kandungan informasi yang positif karena mengurangi asimetri informasi bagi investor dan dalam pasar yang efisien secara informasi dan keputusan, seharusnya terjadi reaksi pasar berupa return tak normal dalam waktu yang singkat setelah berita pengumuman. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki reaksi pasar atas peristiwa pengumuman tersebut dan pengaruh dari faktor-faktor fundamental perusahaan yang mempengaruhi reaksi pasar. Desain penelitian ini adalah eksplanatori kuantitatif dengan menggunakan metode studi peristiwa dan pengujian hipotesis dilakukan dengan statistik parametrik dan nonparametrik serta regresi linear berganda . Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa terdapat reaksi pasar berupa return tak normal atas berita pemberian peringkat oleh S&P kepada Indonesia namun dengan arah yang berlawanan dengan kandungan isi berita, dan hanya faktor fundamental rasio utang terhadap kapital yang mempengaruhi reaksi pasar. Hal ini menunjukkan telah terjadi kebocoran informasi di pasar sebelum pengumuman berita dan bahwa faktor risiko perusahaan menjadi salah satu pertimbangan utama bagi para investor untuk mengambil keputusan investasi. Dapat disimpulkan bahwa bentuk efisiensi pasar saham Indonesia adalah tidak efisien baik secara informasi maupun secara keputusan dan terdapat asimetri informasi terkait dengan kandungan informasi pemberian peringkat.
Investors need complete news and information to make investment decisions. The news on investment grade ranking by S&P to Indonesia on May 19, 2017 should provide a positive information content because it reduces information asymmetry for investors and in an information and decision efficient market, there should be a market reaction in the form of abnormal returns within a short time after the news announcement . This study aims to investigate the market reaction to the announcement event and the influence of the company's fundamental factors that influence the market reaction. The design of this study is quantitative explanatory using the event study method and hypothesis testing performed with parametric and nonparametric statistics and multiple linear regression. The results of hypothesis testing found that there was market reaction in the form of an abnormal return on the news of rating by S&P to Indonesia but in the opposite direction against the news content, and only the fundamental factor of debt to capital ratio that affects the market reaction. This result shows that there has been a leak of information in the market before the news announcement and that the company's risk factor is one of the main considerations for investors to make investment decisions. It can be concluded that the efficiency of the Indonesian stock market is inefficient both from information and decision, and there is information asymmetry related to the content of the rating information.
Kata Kunci : Studi peristiwa, peringkat investment grade¸ reaksi pasar, efisiensi pasar, asimetri informasi, fundamental perusahaan, kebocoran informasi