Peran Kepemimpinan Diri terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir
Shofi Nadia, Dr. Yuli Fajar Susetyo, M.Si.
2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIBerbagai tekanan yang dihadapi oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir membuatnya mengalami stres akademik. Kepemimpinan diri dapat menjadi salah satu yang berperan terhadap tingkat stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepemimpinan diri terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Partisipan penelitian berjumlah 265 mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang sedang mengerjakan tugas akhir. Pengukuran menggunakan Skala Kepemimpinan Diri dan Skala Stres Akademik. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan adanya peran negatif kepemimpinan diri terhadap stres akademik (Beta=-0,280, p<0,05). Sumbangan peran kepemimpinan diri terhadap stres akademik sebesar 5,4%.
The various pressures faced by the students who are working on their final project make them experience academic stress. Self-leadership can be one of which that contributes to the level of academic stress. This study aims to examine the role of self-leadership on academic stress in students who are working on final project. The research participants are 265 students of Gadjah Mada University who were working on their final project. The measurement uses the Self-Leadership Scale and Academic Stress Scale. The data were analyzed by using simple linear regression analysis techniques. The results of the analysis indicated a negative role of self-leadership on academic stress (Beta=-0.280, p<0.05). The contribution of the role of self-leadership to academic stress is 5.4%.
Kata Kunci : kepemimpinan diri; mahasiswa; stres akademik; tugas akhir.