Laporkan Masalah

Peran Orientasi Tujuan terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri pada Mahasiswa

NUR FAJRIATI NADLIFATIL KHOIR, Yuli Fajar Susetyo

2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orientasi tujuan kinerja dan orientasi tujuan penguasaan terhadap kemampuan belajar berdasar regulasi diri pada mahasiswa tingkat akhir. Partisipan merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi berjumlah 208 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Aktivitas Belajar (SAB) yang digunakan untuk mengukur belajar berdasar regulasi diri, Skala Orientasi Tujuan Kinerja dan Skala Orientasi Tujuan Penguasaan yang digunakan untuk mengukur orientasi tujuan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif yang tidak signifikan antara orientasi tujuan kinerja dengan belajar berdasar regulasi diri (p= 0.080) dengan sumbangan 1,5% terhadap belajar berdasar regulasi diri. Selanjutnya, orientasi tujuan penguasaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap belajar berdasar regulasi diri (p=0.000) dengan sumbangan sebesar 25,7%.

The purpose of this study is to determine the role of performance goal orientation and mastery goal orientation towards self-regulated learning on final-year students. Participants are Gadjah Mada University students who are working on their final project or thesis consisted of 208 people. The Learning Activity Scale (SAB) used to measure self-regulated learning, Performance Goal Orientation Scale and Mastery Goal Orientation Scale that is used to measure goal orientation. Data analysis techniques used in this study is multiple regression analysis. The results show insignificant negative effect between performance goal orientation and self regulated learning (p = 0.080) with a contribution of 1.5% on self-regulated learning. While the mastery goal orientation has a significant positive effect on self regulated learning (p = 0,000) with a contribution of 25.7%.

Kata Kunci : Orientasi Tujuan, Belajar Berdasar Regulasi Diri, Mahasiswa Akhir/ Goal Orientation, Self Regulated Learning, Senior Year of College

  1. S1-2020-383683-abstract.pdf  
  2. S1-2020-383683-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-383683-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-383683-title.pdf