Laporkan Masalah

PERKEMBANGAN KOGNITIF TOKOH UTAMA DALAM SERIAL NOVEL NA WILLA KARYA REDA GAUDIAMO : ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA JEAN PIAGET

ISFI AFIANNISA, Dr. Pujiharto, M.Hum.

2020 | Skripsi | S1 BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Sastra anak dianggap sebagai salah satu gerbang utama manakala seorang anak pertama kali diperkenalkan ke dunia nyata. Karenanya, kedudukan sastra anak menjadi penting bagi perkembangan anak dan begitupun sebaliknya. Potret anak dalam sastra anak yang dilihat melalui perspektif psikologis kerap kali mengungkapkan keunikan, pola, dan kondisi perkembangan anak. Penelitian ini mengkaji serial novel Na Willa karya Reda Gaudiamo dengan menggunakan teori perkembangan kognitif anak oleh Jean Piaget. Penelitian ini berfokus pada perkembangan intelegensi tokoh utama dalam novel, yaitu Na Willa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif Na Willa secara bertahap dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Dengan demikian tokoh Na Willa dan perkembangan intelegensinya dapat dipahami. Hasil penelitian menujukkan bahwa tokoh Na Willa dalam serial novel Na Willa sedang dalam masa transisi, yaitu antara masa praoperasi dan masa operasi konkret. Pada tahap praoperasi, Na Willa memperlihatkan gejala-gejala pemikiran simbolis, perkembangan bahasa, pemikiran intuitif, dan egosentris. Adapun pada tahap operasi konkret, Na Willa sudah tidak lagi terpusat pada dirinya dan pemikiran Na Willa menjadi lebih luas dan semakin matang. Dari teori Piaget tersebut dapat juga disimpulkan bahwa serial novel Na Willa merupakan sastra anak yang representatif karena menggambarkan serta menyoroti kemampuan berpikir dan penalaran anak sedemikian rupa dengan menyeluruh. Hal ini membuat pemaknaan anak dan dunianya dapat tersampaikan dengan baik.

Children's literature is considered as one of the main gates when a child is first introduced to the real world. Therefore, the position of children's literature becomes important for children's development and vice versa. Portraits of children in children's literature viewed through psychological perspectives often reveal the uniqueness, patterns, and conditions of children's development. This study examines the novel Na Willa by Reda Gaudiamo by using the theory of children's cognitive development by Jean Piaget. This research focuses on the development of the intelligence of the main character in the novel, namely Na Willa. This study aims to determine the cognitive development of Na Willa gradually and the factors that influence it. Thus the character Na Willa and the development of his intelligence can be understood. The results showed that the character Na Willa in the Na Willa novel series is in a transition period, namely between the preoperative period and the concrete operation period. In the preoperative stage, Na Willa exhibits symptoms of symbolic thinking, language development, intuitive thinking, and egocentricity. As for the concrete operation stage, Na Willa was no longer focused on him and Na Willa's thoughts became wider and more mature. From Piaget's theory it can also be concluded that the Na Willa novel series is a representative children's literature because it illustrates and highlights children's thinking and reasoning abilities in such a way as a whole. This makes the meaning of children and their world can be conveyed properly.

Kata Kunci : sastra anak, kognitif, intelegensi, Jean Piaget, Na Willa

  1. S1-2020-383992-abstract.pdf  
  2. S1-2020-383992-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-383992-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-383992-title.pdf