PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PENYEDIA KATERING ANTARA KATERING PRIMABOGA DENGAN KONSUMEN DI KLATEN
ANNISA RIFKA A J, Sai'da Rusdiana, S.H., LL.M.
2020 | Skripsi | S1 HUKUMPenulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian penyedia katering antara Katering Primaboga dengan konsumen di Klaten, serta untuk mengetahui dan menganalisis wujud ganti rugi dalam hal terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh penyedia katering dalam perjanjian penyedia katering antara Katering Primaboga dengan konsumen di Klaten. Jenis penelitian ini adalah normatif-empiris. Data yang didapatkan dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang didapatkan dari penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelusuran berbagai dokumen beserta bahan-bahan pustaka untuk penelitian kepustakaan dan melakukan wawancara secara langsung dengan para responden beserta narasumber untuk penelitian lapangan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif yang menghasilkan uraian bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, didapatkan dua kesimpulan. Pertama, upaya penyelesaian wanprestasi yang dilakukan pihak konsumen maupun pihak pelaku usaha dalam perjanjian penyedia katering antara Katering Primaboga dengan konsumen di Klaten diselesaikan dengan musyawarah secara kekeluargaan. Kedua, wujud ganti rugi dalam hal terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh penyedia katering dalam perjanjian penyedia katering antara Katering Primaboga dengan konsumen di Klaten dilakukan berupa permintaan maaf secara lisan dan/atau memberikan pemotongan harga.
This legal research was aimed to identify and analyze the implementation of the settlement of breach of contract in the catering service contract between Primaboga Catering and its customers in Klaten, and to identify and analyze the compensations the catering service provider offers in case there is a violation to the catering service contract between Primaboga Catering and its customers in Klaten. This research is a normative-empirical legal research. The data obtained from this study were primary data, taken from field research and secondary data, obtained from library research. The data were collected by investigating various documents and library materials for library research, and by conducting interviews directly with respondents and informant for field research. The data were analyzed using a qualitative method, which produces descriptive qualitative descriptions. From the results of research and the discussion, two conclusions were obtained. First, the implementation of the settlement of breach of contract in the catering service contract between Primaboga Catering and its customers in Klaten has been resolved by deliberation of kinship. Second, the compensations offered by the catering service provider in case there is a violation to the catering service contract between Primaboga Catering and its customers in Klaten are a verbal apology and/or a price cut.
Kata Kunci : Wanprestasi, Perjanjian, Penyelesaian Sengketa, Ganti Rugi.