Strategi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. menghadapi perubahan lingkungan bisnis dan aplikasinya di divisi regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
UTAMI, Ediati Kusuma, Dr. Harsono, M.Sc
2001 | Tesis | Magister ManajemenPenyelenggaraan telekomunikasi mempunyai peranan penting dalam pembangunan bidang ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan negara serta dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. Berdasarkan UU No. 3 Tahun 1989, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. bertanggung jawab pada penyelenggaraan jasa telekomunikasi domestik dengan mempeluas jaringan pelayanannya. Berdasarkan ha1 tersebut, dalam rangka mempercepat pembangunan jaringan pelayanan telekomunikasi, pemerintah melalui PP No. 8 Tahun 1993 memberi kesempatan kepada pihak swasta untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi atas dasar kerja sama operasi atau kontrak manajemen berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan. Sebagaimana telah diketahui bahwa terjadi banyak perubahan lingkungan bisnis dalam industri telekomunikasi, seperti perubahan dalam teknologi, perubahan ekonomi, sosial, dan politik dan perundangan. Berdasarkan UU No. 36 Tahun 1999 sebagai pengganti UU No. 3 Tahun 1989 industri telekomunikasi Indonesia akan dibuka bagi sektor swasta, baik swasta nasional maupun internasional, yang kemudian mengakibatkan terjadinya persaingan yang tentu saja berbeda dengan persaingan yang ada pada saat ini. Perubahan-perubahan ini tentunya mempengaruhi strategi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. dalam menghadapi perubahan lingkungan eksternalnya. selain itu, ha1 ini juga berpengaruh pada aplikasi strategi dari divisi-divisi regionalnya, seperti Divisi Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan internship ini akan membahas strategi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. dan aplikasinya di Divisi Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis
Indonesia’s telecommunication services have significant roles in development in economic, politic, socio-cultural and defense sectors and in relation with government duties. Based on Act No. 3/1989, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. has responsibility in domestic telecommunication services by broader their services to many part of Indonesia. Based on that in order to make it faster, the government through Government Regulation No. 8/1993 gives the opportunity to private sector in development of telecommunication service through joint scheme operations or management contract based on criteria that been determined. As we both know that there are many changes in business environment in telecommunication industry, such as the changes in its technology, changes in its economic, social, and changes in political and order. Based on Act No. 36/1999 as a replacement of Act. No. 3/1989, Indonesia’s telecommunication sector will be open for private sector both domestic company and foreign company. It means that starting on January 1, 2002, the competition in Indonesia’s telecommunication industry will be different with the competition in this industry nowadays. These changes, of course, will have influence the strategy of PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. in facing the changes in their external environment. Beside that, this will influence the strategy application of its business unit, such as Regional Division IV Central Java and Yogyakarta. This Internship Report will discuss about the strategy of PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. and its application in Regional Division IV Central Java and Yogyakarta in relation with the changes in their business environment
Kata Kunci : Strategi Bisnis,PT Telkom Divisi IV