Pengaruh Suasana Kedai Kopi di Arborea Cafe pada Niat Berkunjung Kembali
ANANDA SHAMARA P, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh suasana kedai kopi di Arborea Cafe pada niat berkunjung kembali. Penelitian ini menggunakan tujuh variabel yaitu kebersihan, musik, aroma, suhu, pencahayaan, warna, dan tata ruang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Arborea Cafe yang baru melakukan kunjungan sebanyak satu kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah secara tidak acak (non-probability sampling) dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu sebuah teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan sengaja yang sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan pada penelitian. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 250 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Arborea Cafe, diperoleh hasil bahwa variabel kebersihan berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali, variabel musik berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali, variabel aroma berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali, variabel suhu berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali, variabel pencahayaan berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali, variabel warna berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali, dan variabel tata ruang berpengaruh positif dan signifikan pada niat berkunjung kembali.
The purpose of this research is to analyze the influence of coffee shop atmosphere at Arborea Cafe on revisit intention. Variables in this research include cleanliness, music, scent, temperature, lighting, color, and layout. The research model used in this study is a quantitive approach with primary data collection techniques using survey method. Population in this research is Arborea Cafe first timer visitors. Sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method, which is a sampling technique that is deliberately carried out according to the sample requirements needed in the research. This research used 250 respondents. Based on the results of research conducted at Arborea Cafe, the results show that cleanliness has a positive and significant effect on the revisit intention, music has a positive and significant effect on the revisit intention, scent has a positive and significant effect on the revisit intention, temperature has a positive and significant effect on the revisit intention, lighting has a positive and significant effect on the revisit intention, color has a positive and significant effect on the revisit intention, and layout has a positive and significant effect on the revisit intention.
Kata Kunci : suasana kedai kopi, niat berkunjung kembali, kebersihan, musik, aroma, suhu, pencahayaan, warna, tata ruang