Laporkan Masalah

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN GIRDER, DIAFRAGMA, DAN PLAT SLAB ROADWAY PADA JETTY PROYEK PENGEMBANGAN SARANA FASILITAS TUKS MIGAS TERMINAL LPG TANJUNG SEKONG, BANTEN

BINTORO AGUNG S, Lava Himawan, ST., MT.

2019 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN GIRDER, DIAFRAGMA, DAN PLAT SLAB ROADWAY PADA JETTY PROYEK PENGEMBANGAN SARANA FASILITAS TUKS MIGAS TERMINAL LPG TANJUNG SEKONG, BANTEN Dalam rangka memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Gas untuk wilayah provinsi Banten khususnya dan sebagian Pulau Kalimantan juga Sumatra, Jawa umumnya perlu pembangunan Storage Bahan Bakar Gas di Tanjung Sekong. Pengembangan Sarfas TUKS Migas ini merupakan salah satu proyek yang mendukung proyek LPG Refrigated Tanjung Sekong yang merupakan proyek strategi nasional untuk menjaga security of supply Bahan Bakar Gas Nasional. Pembangunan jetty dalam pengembangan sarana fasilitas (sarfas) terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) Migas di proyek ini ada 3 buah, yakni jetty 1, jetty 2, dan jetty 3. Perlunya metode kerja yang tepat dan desain yang mendukung terhadap percepatan pembangunan dermaga tersebut sangat diperlukan. Metodologi yang dilakukan penulis adalah melakukan pengamatan dengan menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, interview, dan kepustakaan. Dari hasil observasi pada pekerjaan pemasangan girder, diafragma, dan plat slab roadway, maka diketahui tahapan pelaksanaan mulai dari pekerjaan persiapan peralatan & mobilisasi, fabrikasi besi dan bekisting, instalasi bearing pad dan precast girder, instalasi support precast diafragma, precast diafragma, dan slab roadway, instalasi besi dan bekisting pada girder, diafragma, dan slab roadway, inspeksi precast, besi, dan bekisting, pengecoran top girder, diafragma, dan slab roadway, perawatan beton, dan pembongkaran bekisting. Faktor-faktor yang mempengaruhi pekalsanaan install precast girder, diafragma, dan plat slab roadway ya itu cuaca/ iklim, penggunaan waktu mobile crane, distribusi beton pracetak dari pabrik, dan penggunaan beton ready mix.

METHOD OF IMPLEMENTATION OF GIRDER, DIAPHRAGM, AND SLAB ROADWAY WORK IN JETTY PROJECT DEVELOPMENT FACILITIES OF OIL AND TUKS FACILITIES TERMINAL LPG TANJUNG SEKONG, BANTEN In order to meet the needs of Gas Fuel for the province of Banten in particular and parts of Kalimantan Island as well as Sumatra, Java generally needs to develop Gas Fuel Storage in Tanjung Sekong. The development of the TUKS Migas Sarfas is one of the projects supporting the Tanjung Sekong Refrigated LPG project which is a national strategic project to maintain the security of the National Gas Fuel supply. The construction of jetty in the development of facilities (sarfas) terminals for self-interest (TUKS) Oil and Gas in this project there are 3 pieces, namely jetty 1, jetty 2, and jetty 3. The need for appropriate work methods and designs that support the acceleration of the construction of the pier is very necessary. The methodology used by the author is to make observations using data collection methods consisting of observation, interviews, and literature. From the results of observations on the installation of girder, diaphragm and slab roadway work, it is known that the stages of implementation start from the work of equipment preparation & mobilization, iron fabrication and formwork, installation of bearing pad and precast girder, installation of diastrag precast support, precast diaphragm, and slab roadway, iron and formwork installation on girder, diaphragm, and roadway slab, precast, iron and formwork inspection, casting top girder, diaphragm, and roadway slab, concrete maintenance, and dismantling of formwork. Factors that influence the installation of precast girder, diaphragm, and road slab plate weather / climate, the use of mobile crane time, the distribution of precast concrete from factories, and the use of ready mix concrete.

Kata Kunci : Metode Pelaksanaan, Girder, Diafragma, Slab roadway

  1. D3-2019-368360-abstract.pdf  
  2. D3-2019-368380-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-368380-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-368380-title.pdf