Laporkan Masalah

STRATEGI MARKET FOLLOWER PT. GLOBAL TEKNIK SEJAHTERA DI INDUSTRI PANEL LISTRIK

SALWATI SYARIFAH, Iin Mayasari Dr. MM. MSi,

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penjualan PT. Global Teknik Sejahtera pada dua tahun terakhir (2017 dan 2018) tidak mencapai target dan mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi market follower yang diterapkan oleh PT. Global Teknik Sejahtera dalam meningkatkan pangsa pasar dan penjualannya kembali. 2) Untuk memberikan rekomendasi yang sesuai agar dapat mempertahankan posisinya sebagai market follower pada persaingan bisnis yang sangat ketat tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Metoda pengumpulan data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam (In-depth Interview) dengan tiga narasumber terpilih, yaitu beberapa pejabat PT. Global Teknik Sejahtera yang memiliki pemahaman, tanggung jawab, dan kewenangan dalam pengambilan keputusan. Adapun daftar pertanyaan wawancara yang dibuat dan mengacu pada teori proses perencanaan strategis unit bisnis, yaitu misi, analisis lingkungan bisnis internal dan eksternal, tujuan, strategi, program, implementasi, feedback dan control. Data sekunder diperoleh dari internal PT. Global Teknik Sejahtera berupa laporan tahunan dalam waktu dua tahun terakhir (2017-2018), company profile, dan lain-lain. Selain itu, data sekunder juga diperoleh dari buku, majalah, artikel, jurnal, dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dijalankan oleh PT. Global Teknik Sejahtera sebagai market follower, yaitu strategi adaptor dengan cara melakukan desain panel listrik sesuai kebutuhan dan keinginan customer, memproduksi panel listrik sesuai dengan standarisasi PLN, menjadi distributor protection relay, memiliki standar panel listrik dengan tiga kategori harga (murah, sedang, dan mahal). PT. Global Teknik Sejahtera juga berupaya mempertahankan posisinya sebagai market follower dengan strategi keunggulan kompetitif, yaitu sales harus kuat, fokus marketing, mencari market yang sesuai dengan kompetensi dan value yang dimiliki oleh PT. Global Teknik Sejahtera, mencari financial source yang baik, melengkapi peralatan produksi untuk memperlancar proses produksi, membangun human resource yang memiliki skill dengan memberikan pengetahuan dan pelatihan secara teratur dan terintegrasi, dan mengembangkan diri menjadi perusahaan yang berbasis teknologi.

Sales of PT. Global Teknik Sejahtera in the last two years (2017 and 2018) did not reach the target and decreased. The purpose of this study, namely: 1) To study the market follower strategy adopted by PT. Global Teknik Sejahtera in increasing its market and resale. 2) To provide appropriate approval in order to maintain its position as a market follower in the extremely fierce business competition. This research uses descriptive research design. Data collection methods are primary data and secondary data. Primary data were obtained by conducting indepth interviews (interviews) with three selected speakers, they are several officials of PT. Global Teknik Sejahtera who has understanding, responsibility, and authority in decision making. The interview questions are made and refer to the business unit's strategic planning process theory, namely mission, internal and external business environment analysis, objectives, strategies, programs, implementation, feedback and control. Secondary data obtained from internal PT. Global Teknik Sejahtera in the form of annual reports within the last two years (2017-2018), company profile, and others. In addition, secondary data is also obtained from books, magazines, articles, journals, and others. The results of this study indicate that the strategy implemented by PT. Global Teknik Sejahtera as a market follower, namely the adapter strategy by designing electrical panels according to the needs and desires of customers, producing electrical panels according to PLN standards, becoming a distributor of protection relays, having electrical panel standards with three price categories (cheap, medium and expensive ). PT. Global Teknik Sejahtera also seeks to maintain its position as a market follower with a competitive advantage strategy, namely sales must be strong, focus on marketing, look for markets that are in accordance with the competencies and values of PT. Global Teknik Sejahtera, looking for good financial sources, completing production equipment to expedite the production process, building skilled human resources by providing regular and integrated knowledge and training, and developing themselves into technology-based companies.

Kata Kunci : Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Pangsa Pasar, Pengikut Pasar, Panel Listrik/Keywords: Strategy, Marketing, Market Share, Market Follower, Electric Panel

  1. S2-2019-421948-abstract.pdf  
  2. S2-2019-421948-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-421948-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-421948-title.pdf