Laporkan Masalah

PENGARUH TAYANGAN HUMOR TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK

HARITZ HAMAM EL ISLAMI, Thomas Dicky Hartarjo

2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Manusia memerlukan memori untuk beraktivitas dan bertahan hidup. Memori terbilang sebagai sumber pengetahuan karena manusia menyimpan informasi berupa memori. Salah satu bentuk dari memori adalah memori jangka pendek untuk melakukan tugas-tugas dalam pekerjaan manusia. Salah satu faktor yang memengaruhi performansi memori jangka pendek adalah kondisi mental yang dapat dipengaruhi oleh tayangan humor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari tayangan humor terhadap memori jangka pendek. Penelitian dilakukan di Yogyakarta pada mahasiswa Universitas Gadjah Mada dengan menggunakan metode eksperimen murni dengan pengamatan berulang. Performansi memori jangka pendek diukur dengan free-recall yang disajikan melalui piranti lunak PEBL2 yang kemudian skor kedua kelompok dianalisis dengan metode mixed ANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi antara kelompok dan pengukuran menunjukkan nilai yang signifikan (F=5.313 ;p<0,05). Artinya terdapat perbedaan nilai performansi memori jangka pendek berdasarkan kelompok dan pengukuran yang dimana kelompok eksperimen mengalami meningkatan yang signifikan.

Humans need memory to move and survive. Memory is considered as a source of knowledge because humans store information in the form of memory. One form of memory is short-term memory for carrying out tasks in human work. One factor that affects the performance of short-term memory is a mental condition that can be influenced by humorous shows. This study aims to determine the effect of humorous shows on short-term memory. The study was conducted in Yogyakarta at Universitas Gadjah Mada students using pure experimental methods with repeated measurements. Short-term memory performance was measured by free-recall presented through the PEBL2 software and then the scores of the two groups were analyzed using the mixed ANOVA method. The results of this study indicate that interactions between groups and measurements show significant values (F = 5,313; p <0.05). This means that there are differences in the value of short-term memory performance based on groups and measurements where the experimental group experienced a significant increase.

Kata Kunci : Belajar, Hiburan, Memori Jangka Pendek, Tayangan Humor

  1. S1-2019-362352-abstract.pdf  
  2. S1-2019-362352-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-362352-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-362352-title.pdf