GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) DENGAN PENERAPANNYA PADA GURU SMA SWASTA DI KABUPATEN SLEMAN
Laura Misi Mega Ginting, Purwanta, S.Kp.,M.Kes; Elsi Dwi Hapsari,S.Kp.,M.S.,D.S
2019 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATANLatar belakang: Salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah perokok adalah Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kawasan Tanpa Rokok (KTR) adalah suatu tempat, wilayah atau area yang dilarang kepada setiap orang untuk tidak melakukan kegiatan yang berhubungan tembakau. Salah satu daerah KTR adalah di sekolah. Tujuan KTR di sekolah sebagai dasar melindungi para pelajar di sekolah dari paparan rokok yang berbahaya yang secara tidak langsung. Guru merupakan panutan anak-anak didik di sekolah termasuk dalam pelaksanaan KTR. Pengetahuan guru terhadap KTR penting dalam pelaksanaannya, namun masih ada guru yang melanggar penerapan KTR di SMA Swasta Kabupaten Sleman. Tujuan: Untuk Mengetahui gambaran pengetahuan dengan penerapannya pada guru SMA Swasta di Kabupaten Sleman Metode: Penelitian ini merupakan deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian menggunakan rancangan multistage random sampling, kemudian pengambilan Kecamatan penelitian dengan simple random sampling dan didapatkan sebanyak 7 Kecamatan serta melibatkan 188 guru di 14 SMA Swasta Kabupaten Sleman. Dengan menggunakan 2 kuesioner yang valid dan reliabel. Analisis penelitian ini menggunakan univariat. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA Swasta Kabupaten Sleman pada bulan Maret-Juni 2019. Hasil: Sebanyak 117 (62,2%) adalah perempuan dan 71 (37,8%) laki-laki. Berdasarkan total nilai, sebanyak 72 (38,3%) memiliki pengetahuan ditingkat sedang terhadap KTR. Pada hasil penerapan KTR sebanyak 109 responden (58,0%) sudah baik dalam penerapan KTR di sekolah. Kesimpulan: Perlu dilakukan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang KTR dan menaati sepenuhnya peraturan KTR di sekolah SMA Swasta Kabupaten Sleman.
Background: One of the government's efforts to reduce the number of smokers is the No Smoking Area (KTR). No Smoking Area (KTR) is a place, region or area visited by anyone not to carry out activities related to tobacco. One of the KTR areas is at school. The purpose of the KTR in schools as a basis for protecting students at the school from indirectly dangerous cigarette publications. Teachers are role models of students in schools, including in the implementation of KTR. Teachers' knowledge of KTR is important in its implementation, but there are still teachers who implement KTR in the Sleman Regency Private High School. Objective: To know the description of knowledge by applying KTR in Private High Schools in Sleman Regency. Method: His research is a descriptive cross-sectional research design. The study used a multistage random sampling design, then taking research districts with simple random sampling and obtained as many as 7 districts and involved 188 teachers in 14 private high schools in Sleman Regency. By using 2 valid and reliable questionnaires. The analysis of this study uses univariate. This research has been carried out in Sleman Regency Private High Schools in March-June 2019. Results: Total of 117 (62.2%) were women and 71 (37.8%) were men. Based on the total scores, 72 (38.3%) had medium level knowledge of KTR. On the results of the application of KTR, 109 respondents (58.0%) were already good in applying KTR in schools. Conclusion: Socialization is needed to improve teacher knowledge about KTR and fully comply with KTR regulations in Sleman Regency Private High School.
Kata Kunci : Kawasan tanpa rokok, Pengetahuan, Penerapan, Guru, No-smoking area, Knowledge, Application, Teacher