Laporkan Masalah

Analisis dan Optimasi Box Culvert pada Bandar Udara

Bramudito Sotya Baskoro, Ir. Suprapto Siswosukarto, Ph.D

2019 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Pengoperasian Bandar Udara M. Taufik Kiemas direncanakan guna memfasilitasi potensi pariwisata pada Kabupaten Krui, sebelumnya Bandar Udara M. Taufiek Kiemas belum dapat melayani penerbangan domestik maupun mancanegara secara maksimal dikarenakan panjang landasan pacu yang dimiliki bandar udara tersebut tidak sesuai dengan peraturan Kementrian Perhubungan saat ini. Untuk itu pemerintah berencana memperpanjang runway dari bandara tersebut agar dapat melayani aktivitas penerbangan menuju Kabupaten Krui. Perpanjangan runway tersebut pada pelaksanaannya akan memotong sungai eksisting yang sudah ada. Untuk mengalirkan air sungai eksisting maka dari itu diperlukan adanya analisis dan perancangan box culvert sebagai gorong gorong. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menganalisis serta melakukan perancangan dengan optimasi struktur box culvert sebagai gorong gorong pada Bandar Udara M. Taufiek Kiemas. Optimasi dilakukan dengan melakukan perancangan dengan 3 jenis tipe mutu beton dan 3 jenis bentuk penampang untuk didapatkan harga palinge efisien dari alternatif tersebut. Hasil analisis kegagalan dari desain box culvert eksisting pada momen pada bagian tumpuan dan penulanan susut serta kapasitas geser yang tidak terpenuhi oleh beton saja. pengaruh mutu beton untuk mutu K-350, K-400 , dan K-450 akan menambah kekuatan struktur sebesar 0.3%, gaya geser sebesar 6 % dan penurunan nilai defleksi struktur sebesar 0.5 milimeter tiap kenaikan mutunya, Kemudian box culvert dioptimasi dari segi tebal penampang untuk mendapatkan rasio tulangan paling optimum, didapatkan nilai rasio optimum sebesar 0.6%. Didapatkan harga paling efisien adalah box culvert tipe II optimasi tebal penampang dengan harga Rp. 300.702.341 dengan dimensi penampang untuk tebal slab 400 mm dan untuk tebal dinding 400 mm.

The operate M. Taufik Kiemas Airport is planned to facilitate the tourism potential in Krui Regency, previously M. Taufiek Kiemas Airport has not been able to serve domestic or foreign flights due the lacks of runways lenght of the airport. Therefore, the Government plans to extend the runways length from the airport to accomodate the flights activity to Krui Regency, the extension of the runway will interrupt the activity of the existing river. Therefore an analysis is needed to design the box culvert structure so that the flow of the existing river wont interrupt the runway of M. Taufik Kiemas Airport. The purpose of this thesis is to analyze and redesign with optimizing the box culvert structure in M. Taufiek Kiemas Airport. The goal of this thesis is to obtain the failure analysis of the existing box culvert design at the moment on the pedestal, shrinkage losses and shear capacity. The effect of increasing the concrete quality from K-350, K-400, and K-450 will increase the strength of the structure by 0.3%, shear force by 6 % and decrease the structure deflection values by 0.5 millimeters, then box culvert is optimized based on the cross sections thickness to obtain optimum reinforcement steel ratio, the optimum ratio value is 0.6%. In the optimization of the cross section thickness and the shape of the cross section box culvert with three alternatif cross sections will be calculated in terms of the most efficient price. The most efficient price is the type II box culvert optimization with the thick cross section price of Rp. 300,702,341 with cross section dimensions for slab thickness of 400 mm and for wall thickness of 400 mm.

Kata Kunci : AASHTO LRFD Bridge Design Specifications (7th Edition, 2014), box culvert, and Earh Spring/

  1. S1-2019-379111-tableofcontent.pdf