Laporkan Masalah

KONSTRUKSI IDENTITAS DIRI DIGITAL NATIVES DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

EDWI ARIEF SOSIAWAN, Digital natives, self-identity, Instagram

2019 | Disertasi | DOKTOR KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Foto-foto yang diunggah oleh pengguna digital natives merupakan proses pemaknaan kembali hasil produksi pemotretan berupa representasi diri sebagai cara untuk mengkonstruksi identitas diri mereka. Foto yang diposting sebagai representasi diri ternyata tidak hanya mendapat respon yang bersifat normatif atau supportive dalam caption berupa comment atau like, tetapi juga memunculkan kasus-kasus dan permasalahan. Permasalahan terjadi ketika postingan foto digital natives memunculkan kesenjangan antara ide ekspresi diri dengan harapan penerimaan atas eksistensi identitas diri digital natives. Metode penelitian menggunakan paradigma kualitatif yaitu netnografi (virtual ethnography) untuk menafsirkan fenomena perilaku sehari hari digital natives dalam penggunaan Instagram. Data primer diperoleh dari interaksi hiperteks dengan para digital natives pengguna Instagram. Sedangkan untuk collecting data sekunder diperoleh melalui observasi - partisipasi dengan menggunakan media internet dan smartphone. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa unggahan foto dalam feed Instagram adalah upaya digital natives untuk memvisualisasikan identitas diri mereka dalam konteks momen dan kesenangan tertentu yang dominan digunakan untuk orientasi identitas diri dalam keseharian, kemewahan dan kreatifitas. Terdapat beberapa perbedaan antara digital natives pria dan perempuan dalam mengkonstruksi identitas diri mereka. Digital natives pria lebih menyukai menunjukkan diri sebagai person yang akrab dan bersahabat dan dekat dengan keluarga dalam keseharian, berorientasi menunjukkan identitas diri dengan representasi yang memvisualisasikan simbol-simbol yang dekat dengan kesukaan dan hobi mereka, serta menonjolkan hasil kreatifitas dengan menunjukkan alat yang digunakan utnuk memproduksi kreatifitas tersebut seperti kamera foto dan video. Sedangkan digital natives perempuan cenderung tidak menyukai pertunjukkan keseharian karena dianggap sebagai ranah privacy. namun menyukai menunjukkan identitas diri mereka melalui fashion atau busana yang dikenal dengan OOTD serta menonjolkan produk kreatif mereka dan diri mereka sendiri. Selain itu Identitas diri yang dikonstruksi digital natives berubah menjadi instaidentity yang cenderung bersifat sama (common) dan mengarahkan pada jebakan objektifikasi dan instafamous. Rekomendasi penelitian berikutnya adalah membandingkan konstruksi identitas diri digital natives melalui media sosial lainnya, membandingkan konstruksi dengan identitas luring dan mengambil subjek penelitian digital natives generasi 4.0

Photographs uploaded by users of digital natives are a reinterpretation process of shooting production that representing their own self or self-representations as a way to construct their identity. Photos posted as self-representations not only get normative responses or support in the caption, which can be a form as comment or like, but it also raises cases and problems. The problem occurs when the photos posted by digital natives raise a gap between the idea of self-expression and expectation of acceptance for digital natives� identity existence. This research method uses a qualitative paradigm, namely netnography (virtual ethnography) to interpret digital natives' daily behavior phenomena in using Instagram. Primary data is obtained from hypertext interactions with digital natives using Instagram users. Whereas for collecting secondary data obtained through observation - participation using internet media and smartphones. The result show that by uploading photos in Instagram�s feeds is an attempt by digital natives to visualize their identity in the context of certain moments and pleasures that are dominantly used for daily identity orientation, luxury and creativity. There are several differences between male and female digital natives in constructing their identity. Digital natives men prefer to show themselves as people who are familiar and friendly and close to family in everyday life, oriented to show their identity with representations that visualize symbols that are close to their likes and hobbies, and more shows the results of creativity by showing the tools used to produce such creativity such as photo and video cameras. Whereas women's digital natives tend not to show their daily lives because they are considered as privacy. But they prefer to show their identity through fashion or fashion known as OOTD and highlight their creative products and themselves. In addition, self-identity constructed by digital natives turns into instability, which tends to be common and leads to the trap of objectification and instafamous. Future research recommendations are self-identity construction research through other social media, comparing constructs with offline identity and taking the subject of 4.0 generation digital natives research

Kata Kunci : Digital natives, Identitas diri, Instagram