PEMANFAATAN CERIUM OXIDE DAN ANALISA EKONOMI USAHA PADA POLISHING KACA MOBIL TEMPERED DAN LAMINATED
ROKHY MARKHIYANO, Himawan Tri Bayu Murti P,ST.,M.E.,D.Eng;Ir.Alva Edy Tontowi,M.Sc.,Ph.D
2019 | Tesis | MAGISTER TEKNIK SISTEMIndonesia memiliki perkembangan yang cukup signifikan pada dunia otomotif. Badan Statistik Nasional mencatat pertumbuhan kendaraan di Indonesia meningkat dengan pesat dari tahun ke tahun. Salah satu kelengkapan mobil antara lain adalah kaca mobil. Kaca mobil yang baik adalah kaca yang menyerap panas dan jelas pada saat berkendara. Salah satu layanan pasca-penjualan dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) yang paling penting adalah layanan After Service, namun demikian tidak adanya layanan perbakan kaca yang tergores atau cacat, ATPM secara umum mengganti kaca mobil yang cacat atau tergores sehingga di nilai kurang ekonomis bagi konsumen.Pemanfaatan LTJ Cerium Oxide pada polishing kaca dengan teknik khusus mampu atau bertujuan mengatasi cacat kaca mobil.Teknik yang di uji adalah kemurnian Cerium Oxide,Grid Amplas Abrasive,Rpm,Waktu Pemrosesan dengan ukuran indek kebeningan hasil polishing.Hasil pengujian menunjukan Cerium Oxide pada kemurnian 98%, Grid amplas abrasive kombinasi 240 dan 400, Rpm 1600 mampu menghasilkan indek kebeningan kaca 99.9% pada kaca jenis laminated. Dengan demikian menunjukan rekomendasi untuk pengendaraan pasca perbaikan. Selanjutnya di lakukan analisa ekonomi dengan metode penyertaan investasi, pada analisa1) Payback Period (PP), 2) Net Present Value (NPV), 3) Profitability Indeks (PI), 4) Internal Rate of Return ( IRR), 5) Average Rate of Return (ARR), 6) Return of invesment (ROI ) menunjukan teknik pemolesan cacat kaca sebagai altenatif penggantian kaca baru layak untuk di kembangankan sebagai usaha jasa.
Indonesia has a significant development in the automotive product. The National Statistics Agency noted that vehicle growth in Indonesia has increased rapidly from year to year. One of the completeness of the car is windshield. Good car glass is that absorbs heat and is clear when driving. One of the most important post-sales services from ATPM (Brand Sole Agent) is After Service, however, there is no scratched or defective glass slash service, ATPM generally replaces defective or scratched windshields so that the value is less economical for consumer. Use of Cerium Oxide on glass polishing with special techniques capable of or aimed at overcoming defects in car glass. The technique tested is the purity of Cerium Oxide, Grid Abrasive Sandpaper, Rpm, Processing Time with the size of the index polishing results. testing shows the purity of Cerium Oxide at 98% purity, combined grid sandpaper abrasives 240 and 400, Rpm 1600 capable of producing 99.9% glass clarity index on laminated glass types. Thus showing recommendations for driving after repairs. Furthermore, economic analysis is carried out with investment participation methods, in analysis 1) Payback Period,2) Net Present Value,3) Profitability Index, 4) Internal Rate of Return, 5) Average Rate of Return, 6) Return of investment, shows the glass defect polishing technique as an alternative for new glass replacement that is feasible to develop as a service business.
Kata Kunci : Car growth, laminated tempered glass, Cerium Oxide , Polishing, business economy