Laporkan Masalah

Pengembangan dan Penggunaan Media Aplikasi NEPWA (Nursing Education Progressive Web Application) sebagai Media Pengajaran Pendidikan dan Promosi Kesehatan bagi Mahasiswa Keperawatan

DENY YULIAWAN, dr. Widyandana, MHPE., Ph.D., Sp.M; dr. Rachmadya Nur Hidayah, MSc., Ph.D

2019 | Tesis | MAGISTER ILMU PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN KESEHATAN

Latar Belakang: Media pembelajaran online berisi fitur - fitur yang menarik dengan konsep learning management system telah terbukti secara studi penelitian terdahulu dapat mendukung proses pembelajaran mahasiswa keperawatan. Namun, potensinya sebagai media informasi pendukung pembelajaran menggunakan salah satu metode pembelajaran dengan memanfaatkan mobile masih perlu diteliti lebih lanjut. Tujuan: untuk mengembangkan dan menggunakan aplikasi NEPWA pada matakuliah pendidikan dan promosi kesehatan pada mahasiswa keperawatan. Metode: penelitian dan pengembangan (R&D), dengan pengembangan aplikasi NEPWA menggunakan pendekatan model ADDIE dan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan pre-experimental one group pretest-posttest telah dilakukan di Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, sejumlah 39 mahasiswa sarjana keperawatan, tahun kedua yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Studi pretest-posttest telah dilakukan untuk mengukur perubahan pada variabel dependen dan studi posttest pada variabel independen. Hasil: variabel pengetahuan mahasiswa (n= 39), setelah menggunakan media aplikasi NEPWA terjadi peningkatan secara signifikan (pengetahuan, p = 0,000). Kepuasan proses pembelajaran menggunakan desain instruksional Gagne oleh mahasiswa, menunjukkan mayoritas mahasiswa merasa puas, dengan skor rata - rata lebih dari sama dengan 3, serta hasil pengukuran skala kebergunaan system (SUS) aplikasi NEPWA dapat dikatakan kebergunaan baik dan dapat diterima oleh pengguna, dengan hasil rerata skor 72,24. Kesimpulan: Media Aplikasi NEPWA dapat diterima oleh pengguna dan memiliki kebergunaan baik yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Background: Online learning media contains interesting features with the concept of learning management system that have been proven in previous research studies to support the learning process of nursing students. However, its potential as a learning support information media using one of the learning methods using mobile still needs to be further investigated. Aim of the study: To develop and use the NEPWA application in education and health promotion courses in nursing students. Method: Research and development (R&D), with the development of NEPWA applications using the ADDIE model approach and quantitative research with a descriptive design and pre-experimental one group pretest-posttest has been carried out in the Nursing Study Program, Faculty of Health Sciences, Muhammadiyah University, Surakarta, a total of 39 undergraduate students nursing, the second year participating in this study. Pretest-posttest studies have been conducted to measure changes in the dependent variable and posttest studies on the independent variables. Results: Student knowledge variable (n = 39), after using NEPWA application media there was a significant increase (knowledge, p = 0,000). Satisfaction of the learning process using Gagne's instructional design by students, shows the majority of students are satisfied, with an average score of more than equal to 3, and the results of measuring the system usability scale (SUS) of the NEPWA application can be said to be of good use and can be accepted by users, with an average score of 72,24. Conclusion: NEPWA Application Media can be accepted by users and has good uses that are designed to enhance student knowledge.

Kata Kunci : mobile applications, nursing students, blended learning, knowledge, satisfaction, system usability

  1. S2-2019-418380-abstract.pdf  
  2. S2-2019-418380-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-418380-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-418380-title.pdf