Kesiapan Karyawan Operasional Toko Terhadap E-Learning Studi Pada PT X
MUHAMAD AGUS AFANDI, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat, konsep pelatihan dan cara belajar pun mengikuti perkembangan tersebut. Saat ini berkembang sebuah metode pembelajaran yang disebut dengan e-learning, yaitu penyampaian konten pembelajaran atau pengalaman belajar melalui elektronik dengan mengunakan komputer dan media berbasis komputer. E-learning bagi suatu perusahaan sangat berguna karena dapat melakukan penghemat dari sisi waktu dan biaya. Namun, tidak semua organisasi/perusahaan mampu menerapkan e-learning secara efektif. Sehingga perlu dilakukan analisis mengenai kesiapan penggunaan e-learning di perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang bisa digunakan untuk mengukur kesiapan e-learning. Penelitian ini mengevaluasi secara lebih mendalam terhadap faktor kesiapan sumber daya manusia, yaitu karyawan di bagian operasional toko. Hasil penelitian melalui penyebaran kuesioner terhadap 259 responden dengan menanyakan 3 variabel penelitian yaitu kemampuan penggunaan teknologi informasi dasar, motivasi peserta untuk belajar, dan kemampuan belajar melalui teknologi, didapatkan hasil nilai-rata-rata keseluruhan adalah 4,18 yang berarti termasuk kedalam kategori Siap, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Peneliti melakukan uji perbedaan karakeristik responden apakah berdampak pada kesiapan penggunaan e-learning atau tidak, dengan menggunakan uji T test dan juga uji ANOVA. Hasil dari variabel jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap kesiapan penggunaan e-learning personel toko dalam hal kemampuan belajar melalui teknologi, namun tidak signifikan berpengaruh terhadap motivasi untuk belajar dan kemampuan penggunaan teknologi informasi dasar. Tingkat pendidikan dan jabatan personel toko tidak berpengaruh signifikan terhadap kesiapan penggunaan e-learning personel toko dalam ketiga variabel yaitu kemampuan belajar melalui teknologi, motivasi peserta untuk belajar dan kemampuan penggunaan teknologi informasi dasar. Usia berpengaruh signifikan terhadap kesiapan penggunaan e-learning personel toko dalam hal kemampuan penggunaan teknologi informasi dasar, namun tidak signifikan berpengaruh terhadap kemampuan belajar melalui teknologi dan motivasi peserta untuk belajar. Lama bekerja personel toko tidak berpengaruh signifikan terhadap ketiga variabel kesiapan penggunaan e-learning. Durasi membuka internet berpengaruh signifikan terhadap kesiapan penggunaan e-learning personel toko dalam hal kemampuan penggunaan teknologi informasi dasar, namun tidak signifikan berpengaruh terhadap kemampuan belajar melalui teknologi dan motivasi untuk belajar.
In line with the rapid development of information technology, the concept of training and learning methods have followed these developments. Nowadays a learning method is developed which is called e-learning, which is the delivery of learning content or learning experiences through electronics using computers and computer-based media. E-learning for a company is very useful because it can save money in terms of time and cost. However, not all organizations / companies are able to implement e-learning effectively. So it is necessary to analyze the readiness to use e-learning in the company. There are several factors that can be used to measure e-learning readiness, and this study will evaluate in more depth the factors of human resource readiness, namely shop operations employees. Based on the results of the study through distributing questionnaires to 259 respondents by asking 3 research variables, namely the ability to use basic information technology, the motivation of participants to learn, and the ability to learn through technology. The results of the overall average are 4.18 which means it is included in the Ready category, but requires a slight increase. The researcher tested the differences in the characteristics of the respondents whether or not it had an impact on the readiness to use e-learning, using the T test and ANOVA test. Gender results have a significant effect on the readiness of the use of e-learning shop personnel in terms of learning ability through technology, but it does not significantly influence motivation to learn and the ability to use basic information technology. The level of education and the position of store personnel did not have a significant effect on the readiness of the use of e-learning shop personnel in the three variables namely learning ability through technology, motivation of participants to learn and the ability to use basic information technology. Age has a significant effect on the readiness of the use of e-learning shop personnel in terms of the ability to use basic information technology, but it does not significantly influence the ability to learn through technology and the motivation of participants to learn. the length of time that shop personnel work has no significant effect on the three variables of e-learning use readiness. the duration of opening the internet has a significant effect on the readiness of the use of e-learning shop personnel in terms of the ability to use basic information technology, but it has no significant effect on the ability to learn through technology and motivation to learn
Kata Kunci : e-learning, e-learning readiness