Pengaruh Atribut Pengalaman Restoran pada Preferensi Merek Warung Makan Bebek dan Ayam Kartosuro
ADITYA DANUDJA H P, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.,
2019 | Tesis | Magister ManajemenDaerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu kota tujuan pariwisata di Indonesia terdapat banyak sekali warung makan yang bertebaran di kota ini, dimana umumnya pelaku usaha warung makan tidak memerhatikan beberapa aspek pemasaran yang dapat meningkatkan pemasukan warung makan tersebut seperti atribut pengalaman restoran yang diadaptasi untuk diteliti pengaruhnya terhadap preferensi merek. Penelitian ini dilakukan di warung makan Bebek dan Ayam Kartouro, metode pengambilan data dilakukan menggunakan survei dengan kuesioner, dilakukan secara online dan offline dengan jumlah 187 responden sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi multivariat untuk melihat hubungan antar variabel secara simultan. Berdasarkan penelitian ini, beberapa dari atribut pengalaman restoran terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi merek warung makan Bebek dan Ayam Kartosuro. Sehingga dengan memerhatikan atribut pengalaman restoran yang berpengaruh signifikan terhadap preferensi merek dapat menjadikan warung makan Bebek dan Ayam Kartosuro memiliki daya saing dalam berkompetisi mendapatkan konsumen, sehingga dapat menambah omzet warung makan Bebek dan Ayam Kartosuro.
Yogyakarta Special Region as on of the tourist destinations in Indonesia, there are a lot of food stalls scattered in this city, in general, most food stalls businesses do not pay attention to several marketing aspects that can increase the income of the food stalls like restaurant experience attributes which was adapted in this study to examine its effect on brand preference. This research was conducted at Bebek dan Ayam Kartosuro food stalls, data collection methods were conducted using surveys with questionnaires, conducted online and offline with 187 respondents as samples. The data analysis method used is structural equation modeling to see the relationship between variables simultaneously. Based on this study, some of the restaurant experience attributes proved to be significant towards the Bebek dan Ayam Kartosuro food stalls brand preference. So, by paying attention to the restaurant experience attributes that have a significant effect on brand preference can make Bebek dan Ayam Kartosuro food stalls have competitiveness in competing for consumers, so that they can increase turnover of Bebek dan Ayam Kartosuro food stalls.
Kata Kunci : Atribut pengalaman restoran, preferensi merek, warung makan, Bebek dan Ayam Kartosuro, Restaurant experience attributes, brand preference, food stalls, Bebek dan Ayam Kartosuro