PENENTUAN PARAMETER HOLDING TIME PADA BAJA BS 4360 UNTUK MENDAPATKAN KEKUATAN YANG PALING OPTIMAL
IKANG NOOR SETIAWAN, Nugroho Santoso, S.T,. M.Eng
2019 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINPT. INKA (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Industri Kereta Api yang berkomitmen memproduksi kereta api sebaik-baiknya, salah satu produknya adalah underframe, underframe merupakan struktur utama dari carbody karena harus mampu menerima beban dari carbody dan beban dari penumpang kereta api. Oleh karena itu underframe harus memiliki kekerasan dan kekuatan tarik yang baik. Proses perlakuan panas dilakukan pada baja BS 4360 yang merupakan baja tipe low carbon. Proses penelitian dimulai dengan pemanasan baja pada temperatur 900 derajat C dengan variasi penahanan panas 30 menit, 45 menit, dan 60 menit dengan media pendinginan air (quenching) dan ditempering dengan temperatur 200 derajat C selama 120 menit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan parameter waktu penahanan pada bahan baja BS 4360 yang digunakan pada underframe kereta api untuk mendapatkan produk yang memiliki kekuatan tarik dan kekerasan yang optimal. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian kekuatan tarik, pengujian kekerasan Vickers, dan pengujian struktur mikro menggunakan mikroskop metalurgi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kekuatan tarik dan kekerasan paling optimal adalah dengan parameter waktu penahanan 30 menit dengan temperatur 900 derajat C. Nilai kekuatan tarik dan kekerasan yang dihasilkan sebesar 763,70 MPa dan 289,13 VHN.
PT. INKA (Persero) is a company engaged in the railroad industry that is committed to producing trains as good as possible, one of the products is underframe, underframe is the main structure of carbody because it must be able to receive loads of carbody and the burden of the railroad passenger. Therefore the underframe must have a good hardness and tensile strength. The heat treatment process is performed on BS 4360 steel which is a low carbon type steel. The research process begins with the heating of steel at a temperature of 900 degree C with a variation of holding time 30 minutes, 45 minutes, and 60 minutes with water cooling media (quenching) and tempering with a temperature of 200 degree C for 120 minutes. The study aims to determine the retention time parameter on the BS 4360 steel material used on railway underframes to obtain products that have optimal tensile strength and hardness. Tests conducted include tensile strength testing, Vickers hardness testing, and micro-structural testing using a metallurgical microscope. The results showed that the optimal tensile strength and hardness value was with a 30 minutes detention time parameter with a temperature of 900 degree C. The value of tensile strength and hardness generated amounted to 763.70 MPa and 289.13 VHN.
Kata Kunci : heat treatment, underframe, BS 4360