Laporkan Masalah

Analisis Perbandingan Performa Jaringan MPLS Traffic Engineering dengan Resource Reservation Protocol (RSVP) dan Segment Routing

DWI ARIYANTI, Unan Yusmaniar Oktiawati, S.T., M.Sc., Ph.D.

2019 | Tugas Akhir | D4 TEKNOLOGI REKAYASA INTERNET

Kualitas koneksi khususnya pada backbone menjadi tantangan Internet Service Provider (ISP). MPLS berkerja di layer 2,5 OSI yang mampu mempercepat pengiriman paket pada jaringan backbone. MPLS melekatkan label pada paket yang dikirimkan. Salah satu layanan dari MPLS adalah traffic engineering yang dibuat dengan protokol RSVP. Terdapat protokol baru untuk memberi label pada paket dan mendukung traffic engineering, yaitu Segment Routing. Penelitian ini menganalisis perbandingan performa traffic engineering dengan RSVP dan Segment Routing. Baik pada penerapan RSVP maupun Segment Routing, dibuat tunnel untuk jalur utama dan reroute untuk jalur cadangan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan EVE-NG dengan mengambil studi kasus topologi backbone di PT ICON+. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Segment Routing di MPLS menyederhanakan kinerja dari router dalam hal pelabelan dan dalam memelihara Label Switch Path (LSP), tidak membutuhkan protokol signaling. Hasil pengujian latency pada jalur utama, dengan Segment Routing maupun dengan RSVP mempunyai nilai sama yaitu 5,778 ms. Sedangkan pada jalur cadangan, nilai latency dari Segment Routing lebih kecil, sehingga Segment Routing dalam mengirim data lebih cepat daripada RSVP. Hasil pengujian packet delivery ratio dan packet loss ratio dengan Segment Routing dan RSVP baik di jalur utama maupun jalur cadangan bernilai sama, yaitu 100% dan 0%. Baik pada jalur utama maupun jalur cadangan, penerapan Segment Routing mempunyai nilai throughput yang lebih besar daripada penerapan RSVP, sehingga Segment Routing dapat mengirimkan data dengan lebih cepat daripada RSVP. Pada kondisi link mengalami kegagalan saat pengujian, perpindahan jalur dari jalur utama ke jalur cadangan dengan RSVP membutuhkan waktu rata-rata 2,022 s dan dengan Segment Routing membutuhkan waktu rata-rata 2,019 s. Jadi, dengan Segment Routing dapat berpindah jalur lebih cepat daripada dengan RSVP, keduanya memiliki 1% packet loss.

The quality of connections especially on the backbone become a challenge for Internet Service Provider (ISP). MPLS uses OSI layer 2.5 that can accelerate packet delivey on the backbone network. MPLS sends packets by attaching a label. One of MPLS's service is traffic engineering that created with RSVP protocol. There is a new protocol for labeling packet and support traffic engineering, namely Segment Routing. This research analyzes the comparison of the performance of traffic engineering with RSVP and Segment Routing. Both of RSVP and Segment Routing are made tunnels for main link and backup link. The research used EVE-NG by taking a case study of the backbone topologu at PT ICON+. The results of this research are Segment Routing in MPLS simpler operation than RSVP in labeling and maintaining Label Switched Path (LSP), doesn't require a signaling protocol. The results of latency test on the main link, with Segment Routing or RSVP has the same value, that is 5.778 ms. While in the backup path, the latency value of Segment Routing smaller than RSVP, so Segment Routing can transfer a data faster than RSVP. The results of the packet delivery ratio and packet loss ratio test between both in the main link and backup link are same, which is 100% and 0%. Both in the main and backup link, the throughput value of Segment Routing greater than RSVP so Segment Routing can transfer a data faster than RSVP. In the condition of the link being repaired during testing, moving link from the main link to the backup link on RSVP requires an average of 2,022 s and the Segment Routing requires an average time of 2,019 s. So, Segment Routing can move link faster than RSVP, both has 1% packet loss ratio.

Kata Kunci : MPLS, Traffic Engineering, RSVP, Segment Routing, Reroute, QoS

  1. D4-2019-384762-abstract.pdf  
  2. D4-2019-384762-bibliography.pdf  
  3. D4-2019-384762-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2019-384762-title.pdf