Laporkan Masalah

Analisis Willingness to Pay Konsumen Bunga Krisan Varietas Pasopati di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah

PUSPITA DEWI H, Prof. Dr. Ir. Irham, M.Sc; Arini Wahyu Utami, SP., M.Sc., Ph.D

2019 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Bunga krisan merupakan salah satu komoditas bunga potong yang memiliki potensi besar di Indonesia. Bunga krisan digunakan dan dimanfaatkan dengan berbagai tujuan antara lain untuk dekorasi ruangan, ungkapan kasih sayang, ucapan selamat dan duka cita maupun pelengkap ritual ibadah. Salah satu varietas bunga krisan yang dikembangkan oleh Balai Penelitian Tanaman Hias adalah bunga krisan varietas pasopati. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat pendapatan konsumen bunga krisan; 2) mengestimasi nilai kesediaan membayar konsumen terhadap varietas pasopati; 3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai willingness to pay bunga krisan varietas pasopati. Penelitian ini dilakukan di tiga kota yaitu Kota Yogyakarta, Kota Semarang dan Kota Surakarta dengan mewawancarai 120 responden menggunakan metode wawancara, contingent valuation method (CVM) dan regresi berganda. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan konsumen bunga krisan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah didominasi oleh konsumen yang berada di pendapatan 1.800.001-3.000.000 rupiah. Nilai kesediaan membayar konsumen bunga rata-rata di tiga kota adalah sebesar 37.958,33 rupiah per 10 tangkai bunga krisan serta nilai kesediaan membayar tertinggi berada di Kota Semarang yaitu sebesar 38.750 rupiah per satu ikat atau 10 tangkai bunga. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen bunga krisan untuk varietas pasopati antara lain usia, tingkat pendidikan, pendapatan, dummy persepsi warna dan dummy lokasi Surakarta.

Chrysanthemum flowers are one of the cut flower commodities that have great potential in Indonesia. Chrysanthemum flowers are used with a variety of purposes, including for decoration, expressions of affection, congratulations, and condolences, as well as complementary rituals of worship. One of the varieties of chrysanthemum flowers developed by the Research Institute for Ornamental Plants is chrysanthemum pasopati varieties. This study aims to: 1) determine the income level of consumers of chrysanthemum flowers; 2) estimating the value of willingness to pay consumers for pasopati varieties; 3) analyze the factors that influence the value of willingness to pay for chrysanthemum flowers of pasopati variety. This research was conducted in three cities namely Yogyakarta City, Semarang City, and Surakarta City by interviewing 120 respondents using interview methods, contingent valuation method (CVM) and multiple regression. The study was conducted from February to March 2019. The results showed that the income level of consumers of chrysanthemum flowers in Yogyakarta City, Semarang City and Surakarta City was dominated by consumers with income 1.800.001-3.000.000 rupiah. The value of willingness to pay consumers on average in three cities is 37,958.33 rupiah per 10 chrysanthemum stalks and the highest willingness to pay is in Semarang, which is 38,750 rupiah per one bunch of flower or 10 flower stalks. Factors that affect the willingness to pay consumers for chrysanthemum flowers for pasopati varieties include age, education level, income, dummy color perception and dummy location Surakarta.

Kata Kunci : bunga krisan, konsumen, kesediaan membayar, tingkat pendapatan, contingent valuation method

  1. S2-2019-418781-abstract.pdf  
  2. S2-2019-418781-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-418781-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-418781-title.pdf