Pola Asuh Orang Tua pada Anak dengan Autisme
ATHIYYAH KHAIRUNNISA, Aisah Indati, Dra., M.S., Psikolog; Ammik Kisriyani, S.Psi., M.A.; Hadi Sutarmanto, Drs., M.S.
2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk menemukan, memahami, dan mengidentifikasi bagaimana gambaran orang tua dalam mengasuh dan menangani anak-anak mereka yang mengalami gangguan autisme, dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan anak. Hal tersebut dilakukan agar orang tua mampu melakukan penanganan-penanganan yang seharusnya diberikan kepada anak yang mengalami autisme. Responden penelitian berjumlah tiga orang ibu yang berasal dari Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga responden menerapkan bentuk pola asuh authoritative (demokratis) kepada anak-anak mereka yang mengalami gangguan autisme. Walaupun begitu, bentuk pola asuh authoritarian (otoriter) juga terkadang diterapkan meskipun tidak terlalu dominan. Beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pola asuh orang tua, yaitu kemampuan anak, kepribadian orang tua, kualitas pengasuhan, pendidikan orang tua, dan dukungan sosial.
This study aims to find, understand, and identify how parents describe caring for and handling their children who have autism disorders, while still considering the needs and abilities of children. This is done so that parents are able to carry out treatments that should be given to children with autism. The research respondents were three mothers from Yogyakarta. The research method uses a qualitative phenomenological approach with Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) as a data analysis technique. The results showed that the three respondents applied the form of authoritative (democratic) parenting to their children who had autism disorders. Even so, the form of authoritarian (authoritarian) parenting is also sometimes applied even though it is not too dominant. Some internal and external factors that influence parenting parents, namely the child's ability, parental personality, quality of care, parental education, and social support.
Kata Kunci : pola asuh, orang tua, anak dengan autisme