Hubungan antara Struktur Keluarga dengan Pola Pengasuhan Ibu pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Bantul
IZZATUL FITRIYAH, Itsna Luthfi Kholisa, S.Kep.,Ns.,MANP ; Lely Lusmilasari, S.Kp.,M.Kes.,Ph.D
2019 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATANABSTRAK Latar belakang: Pola asuh ibu pada anak usia sekolah merupakan hal yang penting. Periode usia sekolah merupakan waktu yang kritis bagi perkembangan kepribadian dan kehidupan sosial anak karena memasuki lingkungan sekolah dengan berbagai rintangan. Penelitian menunjukkan bahwa struktur keluarga merupakan salah satu aspek penting dalam pemberian pola asuh karena akan berdampak pada gambaran diri anak dan perilaku pada anak. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara struktur keluarga dengan pola pengasuhan ibu pada anak usia sekolah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelasi dan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan bulan November 2018-Maret 2019 kepada 79 ibu dengan anak usia 7-9 tahun di SD Srunggo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner demografi dan kuesioner APQ. Analisis data dengan uji gamma untuk data tidak normal. Hasil Penelitian: Data menunjukkan hampir separuh ibu berusia 26-35 tahun (46,8%), tingkat pendidikan dasar (77,2%), pekerjaan ibu rumah tangga (44,9%) dan penghasilan kurang dari Rp 1.400.000,00 (86,1%). Sebagian besar struktur keluarga di SD N Srunggo ialah keluarga Nuclear. Pola asuh yang digunakan berturut turut ialah inkonsisten (91,1%), punitif (84,8%) dan positif (80,9%) dengan skala sedang sampai tinggi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan struktur keluarga dengan pola pengasuhan ibu pada anak usia sekolah memiliki nilai p=0,564 untuk pola asuh positif, p=0,990 untuk pola asuh inkonsisten, dan p=0,164 untuk pola asuh punitif. di SD N Srunggo. Hubungan antara usia, pendidikan, dan penghasilan orang tua anak dengan pola pengasuhan ibu pada anak usia sekolah memiliki nilai p>0,05. Hubungan antara pekerjaan dengan pola asuh punitif memiliki nilai p=0,022. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara struktur keluarga dengan pola pengasuhan ibu pada anak usia sekolah di Kabupaten Bantul. Tidak terdapat hubungan antara usia, pendidikan dan penghasilan, namun terdapat hubungan antara pekerjaan orang tua anak dengan pola asuh punitive di Kabupaten Bantul. Pola asuh yang diterapkan berturut turut ialah pola asuh inkonsisten, punitif dan positif.
ABSTRACT Background: Mothers parenting style is needed at all stages of growth and development. The school age is a critical period for children to development a personality and social life because of the environmental adaptation. A research concluded that family structure is a one of the most important thing in parenting that will impact on self image dan child behavior. Objective: to measure the relationship between family structure and mothers parenting style on school age. Method: This research was a quantitative reseach with cross-sectional design. This research was conducted in November 2018-Maret 2019 to 79 pairs of mother and 7-9 years old child at SD Srunggo Bantul Yogyakarta. This research used demographic questionnaire and APQ. Data were analysed using gamma test for non-parametric data. Result: Data shows almost half of mothers aged 26-35 years (46.8%), basic education level (77.2%), housewife work (44.9%) and income less than Rp 1,400,000.00 (86.1%). Most of the family structures in SD N Srunggo are Nuclear families. The parenting style used consecutively (91.1%), punitive (84.8%) and positive (80.9%) with moderate to high scale. From the results of the analysis show that the relationship of family structure with the pattern of mother care for school-age children has a p value = 0.564 for positive parenting, p = 0.990 for inconsistent parenting, and p = 0.164 for punitive parenting at SD N Srunggo. The relationship between age, education, and income of parents of children with mothers parenting style in school-age children has a value of p>0.05. The relationship between work with punitive parenting has a value of p = 0.022 Conclusion: There was no relationship between family structure and mothers parenting style on school age in Bantul District. There is no relationship between mothers age, education and salary with mothers parenting style. There was a relationship between mothers job with punitive parenting style in Bantul District. Most of them uses positive parenting as parenting style.
Kata Kunci : Struktur keluarga/ Family Structure, pola pengasuhan ibu/ Mother's parenting style, anak usia sekolah/ School-age Children