ANALISIS STRATEGI KORPORAT PADA PT EONCHEMICALS PUTRA
M. FACHREZA HABIBIE, RANGGA ALMAHENDRA, S.T., M.M., Ph.D.
2019 | Tesis | Magister ManajemenPT EONChemicals Putra merupakan perusahaan yang bergerak di bidang specialty chemicals. Semakin banyak persaingan di pasar yang menjadi target perusahaan, mendorong perusahaan melakukan strategi pengelolaan korporat dengan mendiversifikasi produk dan menyerang pasar baru. Dengan kekuatan bisnisnya, perusahaan berupaya mempertahankan posisi unit bisnisnya pada pasarnya. Masalah perusahaan adalah menurunnya pendapatan perusahaan karena kontribusi yang lebih rendah dari beberapa portofolio unit bisnis yang dimiliki Oleh PT EONChemicals Putra. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan unit bisnis PT EONChemicals Putra pada pasar, kemudian mengidentifikasi dari faktor internal dan eksternal untuk membantu perusahaan dalam memprioritaskan investasinya. Selain itu penelitian juga menentukan kesesuaian perusahaan dengan unit bisnisnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif terapan yang menggunakan studi kasus. Data primer diperoleh terutama melalui wawancara dengan jajaran eksekutif perusahaan. Data sekunder diperoleh melalui kajian dokumen internal perusahaan dan informasi dari lingkungan eksternal perusahaan. Hasil penelitian matriks BCG menunjukkan strategi korporat yang dilakukan PT EONChemicals putra belum baik, terlihat dari salah satu unit bisnis yang dimiliki oleh perusahaan masih ada yang berada pada kuadran dog (anjing). Hasil penelitian dengan analisa matriks portofolio, PT EONChemicals belum tepat dalam menentukan prioritas sumber dayanya. Terlihat dari alokasi investasi aktual saat ini belum sesuai dengan kebutuhannya. Analisis kesesuaian pola asuh, seluruh unit bisnis merupakan bisnis heartland dan edge of heartland yang berarti terdapat kesesuaian yang tinggi antara karakteristik perusahaan induk, faktor sukses kritis perusahaan anak, dan peluang-peluang pengasuhan yang ada. Diambil kesimpulan perusahaan dapat melakukan penambahan strategi sesuai dengan hasil analisis tersebut untuk membantu meningkatkan performa unit bisnis.
PT EONChemicals Putra is a company working in the area of specialty chemicals. Increasingly competition in a company is target market, pushing the company to manage corporate strategy with diversify the product and attacking a new market. With the strength of its business, the company trying to defend the position of business units in their market. The company's problem is declining of the company is revenue because of lower contribution from some portfolio business units owned by PT EONChemicals Putra. This study attempts to map the business units of PT EONChemicals in the market and then identify internal and external factors to help the company in handling priority investment. Besides, the study also to investigate the fit between the parenting style of the company and business units. This research an applied qualitative approach study use case study. The primary data was obtained through an interview with the company is executive. I am also supporting my interview by analyzing the firm is internal documents and information from the firm is an external environment. BCG matrix research shows that the corporate strategy of PT EONChemicals Putra is not good, as seen from 1 from 4 their business units at dog territory. The results of the analysis portfolio, prove that PT EONChemicals has not been a good decision about the priority of investment to their business units It can be seen from the actual investment allocation currently not in accordant with each business unit they have. Parenting Fit Matrix analysis conformity all business units is in the heartland territory and the edge of the heartland territory which means there are implying high fit between the company is characteristic, critical success factor of business units, and parenting opportunities. The conclusion, the company can use the addition of strategy according to the results of this analysis to help improve the performance of its business units.
Kata Kunci : diversifikasi, matriks BCG, matriks portofolio, kesesuaian pengasuhan, diversification, BCG matrix, portfolio matrix, parenting fit matrix