Laporkan Masalah

PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAKES DI CV SERELIA PRIMA NUTRISIA, BANTUL, DIY

AHMAD MUHDI, Iman Sabarisman, S.T.P.,M.Si.

2019 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI

Oriflakes merupakan produk sereal kesehatan yang berbahan dasar pati garut. Setelah produsen Oriflakes memasang label halal pada kemasan, permintaan konsumen pada produk meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya label halal pada kemasan produk Oriflakes terhadap keputusan membeli dari konsumen muslim di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei angket yang menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data dari para konsumen produk. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Oriflakes yang melakukan pembelian di penjual atau agen yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel diambil dengan metode simple random sampling, yakni metode yang dilakukan dengan mengambil sampel secara acak. Setelah 30 sampel terkumpul, sampel diuji validitasnya menggunakan Pearson Correlation sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Setelah data valid dan reliabel pengumpulan data dilanjutkan sampai ambang batas data yang ditentukan terpenuhi. Setelah data terkumpul, teknik analisis yang digunakan kemudian adalah uji normalitas, kemudian analisis koefisien korelatif antara variabel label halal dengan variabel keputusan membeli, uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa nilai pengaruhnya, uji nilai t untuk mengetahui signifikansi hubungan antar variabel, dan uji regresi untuk mengetahui pola hubungannya. Dari hasil penelitian ini diketahui nilai korelasi label halal dengan keputusan pembelian adalah sebesar 0,662. Nilai t hitung adalah 7,792 lebih besar dari t tabel dengan signifikasi 0,10 yang sebesar 1,665, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara variabel label halal dengan variabel keputusan pembelian Label halal memiliki pengaruh sebesar 43,8% terhadap keputusan pembelian.

Oriflakes is a healthy cereal product made of arrowroot floor as its raw material. Since Oriflakes maker applied halal the label on its packaging, consumer demand increased. This research intends to find out the effect of Halal label application in Oriflakes product on purchasing decision in Yogyakarta Special Region. This research uses the questionnaire survey to gain data from the product consumers. This research population is the whole Oriflakes consumers that buy Oriflakes in seller located in Yogyakarta Special Region. The samples are taken with a simple random sampling method. After we gained 30 samples, we test their validity using Pearson Correlation and test their reliability using Alpha Cronbach. After 30 samples confirmed Valid and Reliable we continue collecting samples until reaching the desired number. After samples were collected we are doing the normality test, then analyzing the correlative coefficient and the coefficient of determination in order to find out the effect of halal label application in Oriflakes product on purchasing decision, then doing t testing in order to know the correlation significant between both variables. From the results, we know that the correlation value between the halal label and purchasing decision is 0,662. The t value is 7,792 which bigger than t table in 0,10 significance that is 1,665, so there is a significant correlation between halal label variable and purchasing decision variable. The halal label has 43,8% effect on purchasing decision.

Kata Kunci : Label Halal, Keputusan Pembelian