Laporkan Masalah

ANALISIS DAMPAK GANGGUAN TERHADAP NILAI SAIDI DAN SAIFI PT. PLN (Persero) ULP SUKOHARJO

SARDIUN SIMANJUNTAK, Ir. Lukman Subekti, M.T.

2019 | Tugas Akhir | D3 TEKNOLOGI LISTRIK

Keandalan jaringan merupakan salah satu mutu pelayanan yang diberikan oleh PT PLN (Persero) kepada pelanggan. Dan indeks yang menunjukkan tingkat keandalan dari suatu sistem distribusi diantaranya adalah SAIDI (System Average Interruption Duration Index) dan SAIFI (System Average Interruption Frequency Index). Sistem distribusi merupakan bagian yang paling dekat dengan beban sehingga gangguan pada bagian ini akan langsung berdampak pada beban dan pada bagian ini adalah yang menjadi tanggung jawab dari PT PLN (Persero) ULP Sukoharjo dalam menjaga keandalan jaringan dan mutu pelayanannya. Pada tahun 2018 terdapat 221 penyebab gangguan yang mengakibatkan Recloser Trip dan Fuse Cut Out putus dengan penyebab utamanya adalah karena peralatan yaitu sebanyak 75 kali, akibat komponen sebanyak 47 kali, akibat alam sebanyak 42 kali. Dengan menganalisis data gangguan di wilayah kerja PT. PLN (Persero) ULP Sukoharjo, maka dapat mengoptimalkan kegiatan pemeliharaan jaringan yang tepat untuk mengurangi penyebab gangguan utama yang dialami PT. PLN (Persero) ULP Sukoharjo.

Network reliability is one of the quality of services provided by PT PLN (Persero) to customers. And the index that shows the level of reliability of a distribution system such as SAIDI (System Average Interruption Duration Index) and SAIFI (System Average Interruption Frequency Index). The distribution system is the part closest to the load so that distrubance in this section will directly affect the load and in this part is the responsibility of PT PLN (Persero) ULP Sukoharjo in maintaining the reliability of the network and the quality of service. In 2018 there are 221 causes of the disturbance that resulted Recloser Trip and Fuse Cut Out broke up with the main cause is because the equipment is a much as 75 times, 47 times caused by component, 42 times caused by nature. By analyzing data disturbance in the work area of PT. PLN (Persero) ULP Sukoharjo, it can be optimize disruption caused by PT. PLN (Persero) ULP Sukoharjo.

Kata Kunci : Gangguan, Keandalan Jaringan, Pemeliharaan Jaringan, SAIDI, SAIFI

  1. D3-2019-396610-abstract.pdf  
  2. D3-2019-396610-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-396610-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-396610-title.pdf