ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA INVESTASI TOL SEMARANG - DEMAK
ANINDITA TANAYA O, Prof. Dr. Zaki Baridwan, M.Sc
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Pemerintah menyadari pentingnya infrastruktur yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Masifnya infrastruktur yang menjadi target Pemerintah menemui tantangan terbesar yaitu keterbatasan pendanaan anggaran Pemerintah yang lalu dilakukan terobosan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Pada tahun 2019, Pemerintah menawarkan kerjasama dengan swasta untuk pembangunan Tol Semarang - Demak. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk tertarik untuk menjalankan investasi ini namun kelayakan bisnis atas tol ini perlu dikaji terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan investasi Tol Semarang - Demak bagi perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang bertindak sebagai calon investor. Menggunakan metode capital budgeting atau penganggaran modal dengan indikatornya yaitu Net Present Value, Internal Rate of Return, Payback Period dan Profitability Index. Dalam penelitian ini juga akan dilakukan analisis sensitivitas untuk mengidentifikasi variabel usaha yang berpengaruh terhadap indikator kelayakan investasi Tol Semarang - Demak. Hasil dari analisis keuangan yang dilakukan bahwa proyek layak dilakukan oleh calon investor. Variabel yang sensitif dengan perubahan adalah persentase Viability Gap Fund (VGF) yang mempengaruhi nilai konstruksi & investasi sehingga perlu menjadi perhatian bagi investor.
Government of Indonesia realizes the importance of infrastructure to increasing economic growth. Massive infrastructure target faced big challenges, including limited Government budget. Therefore Public-Private Partnership (PPP) scheme applied to tackle this challenge. In 2018, Government offered PPP Project in toll road that is Semarang - Demak toll road. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. interested in carrying out this investment and the business feasibility needs to be tested. This study aims to analyze the business feasibility of Semarang - Demak Toll Road investment for PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. as potential investor. Capital budgeting method used in this study and indicator are Net Present Value, Internal Rate of Return, Payback Period and Profitability Index. Sensitivity analysis also conducted in this study to identify business variabel that has effect on business feasibility. Result from analysis in this study is Semarang - Demak Toll Road feasible to execute by investor. Variabel that is sensitive and need to be a concern for investor is percentage of Viability Gap Fund (VGF) that has effect on construction & investment cost.
Kata Kunci : studi kelayakan, capital budgeting, analisis sensitivitas, investasi, jalan tol