Laporkan Masalah

PERSEPSI WISATAWAN PADA OBJEK WISATA ALAM PUNCAK BECICI KABUPATEN BANTUL

FATMA RAHMATUL HIDAYAH , Mukhlison, S.Hut., M.Sc.

2019 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Minat masyarakat terhadap wisata alam sebagai alternatif untuk berekreasi berkembang pesat dan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Puncak Becici menawarkan daya tarik berupa panorama yang indah, deretan hutan pinus, dan berbagai atraksi wisata yang dapat menimbulkan persepsi yang berbeda pada setiap wisatawan yang berkunjung. Pada tahun 2018, tren kunjungan di objek Wisata Puncak Becici tidak sebesar tahun sebelumnya. Persepsi mempengaruhi pengunjung untuk datang kembali atau menolak datang kembali ke objek wisata. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi wisatawan pada Objek Wisata Puncak Becici. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2018. Data yang diambil berupa profil wisatawan yang berkunjung dan persepsinya terhadap empat aspek pengelolaan yaitu atraksi, aksesibilitas, fasilitas, dan pelayanan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui profil wisatawan adalah deskriptif kuantitatif, untuk mengetahui persepsi wisatawan digunakan analisis skoring, dan untuk mengetahui hubungan antara profil wisatawan dengan persepsi wisatawan digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap Objek Wisata Alam Puncak Becici sebesar 87,5 yang termasuk ke dalam kategori baik, mencakup segi atraksi yang dimiliki, fasilitas yang disediakan, dan pelayanan yang diberikan, sedangkan dari segi aksesibilitas mendapat persepsi yang cukup.

Community interest in natural tourism as an alternative for recreation is growing rapidly and has increased time by time. Puncak Becici offers some attractions, such as beautiful panorama, rows of pine forest, and various tourist attractions that can lead to different perceptions for each tourist who visits. In 2018, the trend of visit at Puncak Becici was not as big as the previous year. Perception encourages visitors to come back or makes them refuse to come back to the attraction. Therefore, this research was conducted to determine the perceptions of tourist and to determine the relation between perceptions and socio-economic characteristic profile of tourist. This research was conducted in July-August 2018. The data taken consisted of profiles of tourist and their perceptions towards four management aspects, which are attraction, accessibility, facility, and service. The sampling method used was accidental sampling. The analysis used to determine the profile of tourist is descriptive quantitative analysis, then, the perceptions of tourist were analyzed by scoring analysis, descriptive analysis was used to determine the relation between tourist profile and tourist perceptions. The results showed that tourist perceptions of Puncak Becici Nature Tourism Object scored 87.5, which was classified to good category, including the aspects of attractions owned, facilities and services provided, while in terms of accessibility the perception was sufficient.

Kata Kunci : persepsi, wisatawan, wisata alam, Puncak Becici

  1. S1-2019-330561-abstract.pdf  
  2. S1-2019-330561-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-330561-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-330561-title.pdf